OKU Timur wujudkan Cempaka jadi kawasan perkotaan

id Kawasan perkotaan, Kecamatan Cempaka, OKU Timur, pembangunan berkelanjutan

OKU Timur wujudkan Cempaka jadi kawasan perkotaan

Jajaran Pemkab OKU Timur mengikuti mengikuti konsultasi publik dengan Direktorat Jendral Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sabtu (30/9/2023). ANTARA/Edo Purmana/23

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mewujudkan Kecamatan Cempaka menjadi kawasan perkotaan sebagai upaya pembangunan berkelanjutan, kata Bupati setempat.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah mengikuti konsultasi publik bersama Direktorat Jendral Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sabtu,.

Konsultasi publik yang digelar secara daring di Ruang Bina Praja Pemkab OKU Timur tersebut membahas berbagai analisa, tinjauan kebijakan hingga gambaran umum perkotaan Cempaka.

Dalam kegiatan tersebut juga dibahas tentang penyusunan materi teknis dan Ranperkada Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perkotaan Cempaka.

Bahkan isu strategis wilayah, pengolahan data dan analisis, konsep rencana dan isu pembangunan berkelanjutan tak luput dalam pembahasan.

Dia menjelaskan, pihaknya berkomitmen mewujudkan Perkotaan Cempaka sebagai pintu gerbang kabupaten melalui pengembangan agropolitan, potensi budaya lokal berwawasan lingkungan.

Kabupaten OKU Timur terus berusaha untuk memenuhi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan bagi masyarakat seperti masalah air bersih dan sanitasi supaya bisa terlayani hingga ke pelosok desa di wilayah itu.

Bupati berharap, RDTR ini dapat mempermudah pemerintah daerah untuk mengeluarkan rekomendasi izin agar dapat termanfaatkan dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan menjadi kawasan perkotaan diharapkan Kecamatan Cempaka nantinya dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan juga pusat pengembangan wilayah berbasis agrobisnis dan industri yang berkelanjutan," katanya lagi.

Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Ditjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Pelopor secara virtual mengatakan bahwa konsultasi publik tersebut dilaksanakan untuk memastikan semua pihak yang terkait bisa berkontribusi untuk mewujudkan Cempaka sebagai kawasan perkotaan di OKU Timur.

"Karena kita ingin rencana ini menjadi relevan dan menyelesaikan masalah menjadi mimpi untuk diwujudkan bersama-sama," ujarnya pula.