Balap motor Porprov Sumsel momentum tingkatkan prestasi otomotif

id porprov sumsel, balap motor,imi, slalom mobil, bupati lahat

Balap motor Porprov Sumsel momentum tingkatkan prestasi otomotif

Dua pembalap belia tengah bertanding pada cabang balap motorPorprov Sumsel XIV/2023 di Sirkuit Terminal Batai Kabupaten Lahat, Sabtu. (ANTARA/Syarif Abdullah_

Lahat, Sumsel (ANTARA) - Pertandingan cabang balap motor Porprov Sumsel XIV/2023 menjadi momentum peningkatan cabang olahraga otomotif di Kabupaten Lahat.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumsel H Alpian Maskoni di sela-sela balapan Porprov XIV/2023 di Sirkuit Terminal Batai Kabupaten Lahat, Minggu.

"Dengan kehadiran sirkuit di Terminal Batai Lahat ini, IMI akan mensinergikan dengan program pengembangan balap motor dan slalom mobil.  Tempatnya cocok juga untuk slalom," kata Alpian Maskoni.

Menurut dia, lokasi tersebut sangat pas untuk sebuah ajang balapan. Meski aslinya untuk kawasan terminal, namun  memiliki kontur lapisan aspal yang pas untuk kegiatan otomotif.

Ia berharap para pembalap muda di kawasan itu bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk balapan dan latihan. Bahkan ia menyebutkan akan memfasilitasi pelatih untuk slalom mobil.

"Kami di Kota Pagaralam punya atlet slalom nasional, kita akan tugaskan pula dia untuk melatih peminat slalom mobil di tempat ini,' kata Maskoni yang baru sepekan melepas jabatan Wali Kota Pagaralam Sumsel itu.

Ia menyebutkan, dari beberapa tempat yang ada untuk sirkuit balapan dan slalom, Sirkuit Terminal Batai itu yang paling cocok dan tempatnya strategis.

Sementara itu Bupati Lahat H Cik Ujang menyebutkan, pihaknya akan mendukung pembinaan otomotif di kabupaten Lahat dan sekitarnya. Bahkan setelah ajang Porprov Sumsel XIV/2023, ia akan menjadikan lokasi itu tempat latihan atlet balap motor dan juga kegiatan otomotif lainnya.

"Setelah mendapat masukan dari IMI Sumsel, maka kami akan buka sirkuit ini untuk tempat latihan. Silakan yang ingin berlatih gratis, dan tidak ada lagi balapan liar di Lahat ini," kata Cik Ujang.

Ia menyebutkan, selain itu ia berharap para pegiat otomotif Lahat dan sekitarnya bisa bersinergi dan meningkatkan prestasi di ajang nasional bahkan internasional.

"Silakan Pak Aplian Maskoni, sebagai Ketua IMI Sumsel untuk mengoptimalkan lokasi ini untuk pembinaan. Saya juga berharap mereka yang hobi slalom bisa tersalurkan," kata Bupati Cik Ujang menambahkan.