Bisnis pre-order tawarkan lebih banyak manfaat bagi UMKM

id umkm,pre-order,Svara Research Indonesia,berita sumsel, berita palembang

Bisnis pre-order tawarkan lebih banyak manfaat bagi UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir terus berkomitmen untuk memperkuat UMKM tembus pasar global. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan ekspor bagi UMKM. Selain melakukan pembiayaan dan pendampingan, Erick juga membuka kesempatan bagi UMKM untuk memamerkan produk unggulannya nelalui kegiatan China ASEAN EXPO 2023. ANTARA/HO

Jakarta (ANTARA) - Riset yang dilakukan oleh lembaga riset independen Svara Research Indonesia menunjukkan bisnis pre-order (PO) atau pemesanan awal menawarkan lebih banyak manfaat bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Riset Svara menunjukkan skema pre-order atau PO mampu menciptakan diferensiasi yang unik dibandingkan dengan platform pesan-antar makanan (online food delivery) besar yang fokus pada pengiriman instan atau merchant yang menyediakan stok (ready stock).

“Dengan skema pre-order, pelanggan sangat menghargai nilai dari harga yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan pre-order food, didorong oleh makanan rumahan dengan harga terjangkau, tarif pengiriman tetap, dan promosi harga yang sering dilakukan,” kata Pendiri dan Peneliti Senior Svara Institute Ida Ayu Erica Pramesty Utami dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

Terlebih, bagi UMKM yang melayani volume kecil dan permintaan yang tidak dapat diprediksi, skema pre-order mengurangi risiko kelebihan stok dan memberikan fleksibilitas waktu. Fitur tersebut tidak hanya menguntungkan bagi UMKM, tetapi juga bagi penjual paruh waktu.

Dengan skema itu, kata Ida pula, UMKM dapat memiliki margin yang lebih besar bila dibandingkan dengan skema penjualan biasa.