Toilet portable bantuan dikirimkan jaga sanitasi venue Porprov Sumsel

id porprov sumsel, sanitas venue, air bersih

Toilet portable bantuan dikirimkan jaga sanitasi venue Porprov Sumsel

Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Sumaatera Selatan Ditjen Cipta Karya membantu sebanya enam armada toilet Portable dan truk air bersih untuk menjaga kebersihan dan sanitasi di venue Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat. (ANTARA/HO.Humaskoni_sumsel)

Lahat (ANTARA) - Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Sumaatera Selatan Ditjen Cipta Karya membantu sebanya enam armada toilet Portable dan truk air bersih untuk menjaga kebersihan dan sanitasi di venue Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat.

Selain itu juga bantuan mobil vacum juga melengkapi sarana di ajang Porprov itu.

Bantuan diserahkan Balai Besar Prasarana Pemukiman wilayah Sumsel kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, diterima Bupati Lahat Cik Ujang, SH, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Chandra, dan Direktur Perumda Tirta Lematang Anda Wijaya,.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumsel Achmad Irwan Kusuma  mengatakan fasilitas portable itu diharpapkan bisa menjaga kebersihan dan sabutasi lingkungan venu eselama Porprov kebersihan dan sanitasi lingkungan tetap terjaga. Sekaligus untuk menunjang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah masyarakat selama pelaksanaan Porprov di Kabupaten Lahat.

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat dan pergunakanlah secara baik. Semoga pelaksanaan Porprov di Lahat sukses," katanya.

Tidak hanya bergerak sendiri, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel juga didukung oleh pihak Perumda Tirta Lematang, menyuplai air bersih selama pelaksanaan Porprov.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Lematang Lahat Anda Wijaya mengatakan bantuan itu statusnya pinjam pakai dari Balai Besar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Yakni, enam toilet portable, dua mobil tangki air, hydran umum empat beserta pondasi tiang-tiang, lalu mobil vakum (penyedot tinja).

"Ada juga mobil VIP," ujar Wijaya.

Pihaknya saat ini masih mengupayakan untuk kebutuhan air pada Porprov 2023, mengingat air baku di Sungai Lematang debitnya turun sehingga tak banyak masuk ke saluran pipa air. Pihaknya saat ini tengah ambil langkah membuat pembuat saluran air.

"Kebutuhan air mudah-mudahan aman, namun saat ini belum hujan, jadi air masuk ke intake saluran pipa dari sungai jadi surut. Sekarang lagi proses pembuatan bendungan alternatif di sekitar saluran pipa," katanya.