Desa Gumawang Kampung OKU Timur percontohan pemberantasan narkoba

id Kampung anti narkoba, peredaran narkoba, desa percontohan, Polres OKU Timur

Desa Gumawang Kampung OKU Timur percontohan pemberantasan narkoba

Polres OKU Timur deklarasikan Desa Gumawang sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba, Kamis (7/9/2023). (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menjadikan Desa Gumawang sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) untuk memberantas peredaran narkotika di daerah itu.

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono di Martapura, Kamis menjelaskan, Gumawang saat ini menjadi desa percontohan dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah itu.

Ia menjelaskan, Desa Bersinar adalah desa yang melaksanakan program-program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri, baik itu kegiatan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi.

Program kampung tangguh anti narkoba ini bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres OKU Timur melalui upaya bersama antara kepolisian, TNI dan pemerintah daerah setempat serta seluruh elemen masyarakat.

Dipilihnya Gumawang sebagai Desa Bersinar karena memenuhi beberapa indikator seperti telah melaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri.

Selain itu, masyarakat di wilayah itu juga sebagian besar sudah memahami tentang bahaya akibat narkoba dan mampu menangkalnya sedini mungkin.

Dalam program ini masyarakat dapat membantu mendeteksi sekaligus memantau peredaran narkoba yang terjadi di daerah itu untuk dilaporkan ke pihak kepolisian setempat.

"Melalui program ini diharapkan ke depannya OKU Timur dapat bebas dari peredaran gelap narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya," harapnya.

Sementara, Kepala Desa Gumawang Muhammad Sapei menuturkan bahwa pemerintah desa terus melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba. "Kami merangkul para tokoh masyarakat serta tokoh agama dan pemuda Karang Taruna untuk ikut andil dalam menyelamatkan masa depan generasi muda dari jerat narkoba," katanya.