Pakar gizi ingatkan omega 3 dan 6 penting tumbuh kembang anak

id Omega 3 ,Omega 6,Kandungan Gizi Anak,kandungan omega,kandungan gizi,gizi anak,kesehatan anak

Pakar gizi ingatkan omega 3 dan 6 penting tumbuh kembang anak

Salmon Salad. (ANTARA/Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, mengatakan secara ilmiah terdapat korelasi erat antara asupan omega 3 dan 6 yang cukup dengan proses tumbuh kembang anak.

“Masing-masing asam lemak omega tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Omega 3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Alpha-linolenic acid (ALA) di mana masing-masing memiliki fungsi yang penting,” kata Made melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Fungsi penting dari ketiga jenis omega 3 tersebut, antara lain membantu meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menekan depresi dan kecemasan, hingga menjaga daya visual.

“Asam lemak omega 6 yang terdiri dari linolenic acid (LA) dan arachidonic acid (ARA) berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” kata Made.