PTBA operasikan peralatan tambang listrik kurangi emisi karbon

id sumsel,palembang,emisi karbon,peralatan tambang,ptba

PTBA operasikan peralatan tambang  listrik kurangi emisi karbon

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, mengoperasikan peralatan tambang berbasis untuk mengurangi emisi. ANTARA/HO-PTBA

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, mengoperasikan peralatan tambang berbasis untuk mengurangi emisi.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Kamis, mengatakan pihaknya dalam menerapkan praktik pertambangan yang baik dengan melakukan program-program dekarbonisasi.

Salah satu langkah yang dilakukan PTBA adalah Eco Mechanized Mining, yaitu mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik.

Ia menjelaskan saat ini PTBA telah mengoperasikan sebanyak tujuh ekskavator listrik berjenis Shovel PC-3000, 40 unit dump truck sekelas 100 ton hybrid (diesel dan listrik), dan enam unit pompa tambang berbasis listrik.

Penggunaan alat-alat tambang berbasis listrik ini menghasilkan penghematan bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel hingga 7 juta liter per tahun dan mereduksi emisi sebesar 19.777 tCO2e.

Selain itu, PTBA telah mengoperasikan 5 unit bus listrik di Pelabuhan Tarahan dan 10 unit bus listrik di Unit Pertambangan Tanjung Enim. Total telah ada 15 unit bus listrik yang dioperasikan PTBA.