Pemkot Palembang perkenalkan rumah limas di Indonesia City Expo 2023

id sumsel,rumah limas,apeksi,indonesia city expo,pemkot palembang

Pemkot Palembang perkenalkan rumah limas di Indonesia City Expo 2023

Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan memperkenalkan rumah limas merupakan bangunan khas asal kota itu pada ajang Indonesia City Expo yang dilaksanakan pada 12-14 Juli 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA/HO-Diskominfo Palembang)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, memperkenalkan rumah limas yang merupakan bangunan khas kota itu pada ajang Indonesia City Expo yang dilaksanakan pada 12-14 Juli 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang Sulhijawati dalam keterangan yang diterima di Palembang, Rabu, mengatakan Indonesia City Expo merupakan bagian dari rangkaian Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Kota Makassar.

Pihaknya memperkenalkan rumah limas dalam bentuk miniatur sebagai kebanggaan masyarakat Kota Palembang pada kegiatan tersebut.

"Rumah limas ini merupakan warisan asli leluhur yang harus kita turunkan kepada anak dan cucu bangsa Indonesia, khususnya warga asli wong kito sebagai generasi penerus," katanya.

Menurut dia, tidak hanya rumah limas yang menjadi perhatian para tamu Rakernas Apeksi, namun ada beberapa ornamen hiasan dan makanan, seperti kain songket dan jumputan, serta pempek sebagai kuliner khas Kota Palembang.

”Para peserta Rakernas Apeksi antusias membeli kain songket dan jumputan, serta pempek, dan kami meyakini stan Kota Palembang bisa kembali membawa prestasi yang baik di ajang Indonesia City Expo,” kata Sulhijawati.

Rumah limas merupakan rumah tradisional berbentuk limas yang dibuat dengan gaya panggung. Bangunan khas daerah Palembang ini dibangun bertingkat.

Kumpulan tingkat-tingkatnya disebut masyarakat sebagai Bengkalis yang memiliki makna tersendiri. Rumah ini sering digunakan sebagai tempat pesta pernikahan dan acara adat.

Hampir seluruh bagian dari rumah limas terbentuk dari kayu. Pemilihan kayu dilakukan bukan tanpa sebab, namun menyesuaikan dengan karakter kayu dan kepercayaan masyarakat di Sumatera Selatan. Jenis kayu yang digunakan merupakan kayu unggulan dan dikabarkan hanya tumbuh di Kota Palembang.