Meracik minyak asiri aroma "woody" untuk bantu merasa lebih nyaman

id Minya asiri woody, essential oil,berita sumsel, berita palembang

Meracik minyak asiri aroma "woody" untuk bantu merasa lebih nyaman

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Rizky Juanita Azuz (kiri) bersama pemilik usaha Fog Apothecary Vivi Tantri dalam Workshop bersama UMKM Tokopedia di Medan, Rabu (21/6/2023).  (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Medan (ANTARA) -
Minyak asiri atau essential oil dengan aroma woody bisa membantu seseorang merasa lebih nyaman bahkan terlelap, menurut pemilik usaha Fog Apothecary Vivi Tantri.
 
Aroma natural yang berasal dari kayu-kayuan ini bisa didapatkan dengan mencampurkan tiga jenis minyak seperti siberian fir, peppermint dan lemon.
 
"Misalnya (minyak) siberian fir pas dicium ada asam-asamnya ditambah saja peppermint dan lemon itu aromanya langsung meditative, nyaman," ujar dia dalam Workshop bersama UMKM Tokopedia di Medan, Rabu (21/6).
 
Minyak siberian fir diketahui bermanfaat salah satunya untuk meningkatkan sistem pernapasan, lalu peppermint bisa meredakan sakit kepala, migrain, sinusitis, hidung tersumbat akibat lendir dan sakit tenggorokan.
 
Sementara minyak beraroma lemon dapat membantu melepas stres, kelelahan mental, kecemasan, ketegangan saraf dan insomnia.
 
"Kalau woody-nya untuk tidur kita bisa campur dengan lavender, ada manisnya. Cedarwood dan lavender itu pairing-nya untuk tidur," kata Vivi.
 
Efek rasa nyaman sebenarnya juga bisa didapatkan dengan mencampurkan delapan tetes minyak cypress dengan empat tetes siberian fir dan delapan tetes juniper berry.

 
Seseorang meracik minyak asiri dalam Workshop bersama UMKM Tokopedia di Medan, Rabu (21/6/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)