BPBD OKU Selatan evakuasi korban banjir ke tenda

id Bencana banjir, evakuasi korban, perahu karet, tenda pengungsian, BPBD OKU Selatan

BPBD OKU Selatan evakuasi korban banjir ke tenda

Personel BPBD OKU Selatan melakukan upaya penyedotan air banjir menggunakan mesin pompa agar segera surut, Senin (8/5/203). (ANTARA/Edo Purmana)

Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan mengevakuasi korban banjir di Desa Sukajaya, Kecamatan Buay Rawan ke tenda pengungsian guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ada tujuh orang korban banjir yang dievakuasi ke tempat yang aman," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Selatan Heri di Muaradua, Senin.

Dia mengatakan intensitas hujan tinggi yang terjadi pada Minggu (7/5) malam merendam dua rumah warga Dusun IV, Desa Sukajaya, Kecamatan Buay Rawan, OKU Selatan.

Ia menjelaskan akibat bencana alam tersebut tujuh korban yang berasal dari dua kepala keluarga (KK) tersebut terpaksa dievakuasi ke tempat yang aman karena rumah mereka terendam air dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

"Banjir memang tidak terlalu parah, namun bencana alam kali ini cukup menyusahkan warga khususnya para korban banjir tersebut," katanya.

Para korban dievakuasi menggunakan perahu karet. Mereka diangkut ke tenda pengungsian yang sudah disiapkan pemerintah daerah setempat.

Pemerintah kabupaten setempat juga sudah menyediakan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan para korban banjir.

"Saat ini petugas kami masih melakukan upaya penyedotan banjir agar segera surut," ujarnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat OKU Selatan tetap meningkatkan kewaspadaan guna menghadapi bencana susulan mengingat curah hujan tinggi diprediksi masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan.

"Khususnya masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) agar lebih waspada supaya bencana alam tidak menimbulkan korban jiwa," ujar dia.