Psikolog: Keterampilan karyawan perlu selalu dikembangkan seiring jenjang karier

id soft skill,hard skill,skill yang perlu dimiliki karyawan,skill pada karyawan,cara mengembangkan skill

Psikolog: Keterampilan karyawan perlu selalu dikembangkan seiring jenjang karier

Ilustrasi rekrutmen kerja (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Psikolog klinis dewasa Tiara Puspita, M.Psi.,Psikolog mengingatkan bahwa keterampilan yang dimiliki seorang karyawan, terutama keterampilan non-teknis (soft skill), perlu senantiasa dikembangkan seiring dengan naiknya jenjang karier.

Pengembangan keterampilan tersebut harus tetap dilakukan terlepas dari seseorang sudah bekerja selama bertahun-tahun dan merasa sudah menjadi orang yang ahli di bidangnya (expert).

"Walaupun seseorang sudah expert, tapi biasanya, apalagi kalau kita ngomongin soal karier–ada jenjang karier yang semakin lama semakin tinggi–dan kebutuhannya pun (keterampilan non-teknis) bisa berbeda," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia itu saat dihubungi ANTARA melalui sambungan telepon, Senin.

Ketika jenjang karier semakin tinggi, kata Tiara, keterampilan non-teknis yang dibutuhkan justru semakin general atau bersifat lebih luas di samping penguasaan terhadap keterampilan teknis (hard skill) tertentu.

"Artinya, seseorang harus bisa menguasai tidak hanya area spesifik tertentu saja yang dia kuasai tetapi cara dia mengelola bawahan, atau mengelola tim, bagaimana dia memimpin sebuah tim, bagaimana dia berkomunikasi, dan sebagainya," kata dia.