Polda Sumsel tak kendurkan konsentrasi kawal arus balik

id Polda Sumsel, polisi kawal arus balik, arus balik Lebaran, lebaran, arus mudik, arus mudik aman dan lancar

Polda Sumsel tak kendurkan konsentrasi kawal arus balik

Personel Polda Sumsel siap kawal arus balik Lebaran agar aman dan lancar. ANTARA/Yudi Abdullah/23.

Palembang (ANTARA) - Personel Polda Sumatera Selatan dan jajaran di 17 kabupaten/kota berupaya mengawal arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah yang diprediksi berakhir pada 2 Mei 2023 agar berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

Untuk mengawal arus balik Lebaran di provinsi ini, petugas yang tergabung dalam Operasi Ketupat Musi 2023 tetap semangat melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya dan di pos yang ditentukan, kata Komandan Apel Harian Operasi Ketupat Musi 2023 AKBP Rifka Fathoni, di Mapolda Sumsel, Palembang, Jumat.

Dalam pengarahannya kepada peserta apel, AKBP Rifka Fathoni meminta kepada seluruh personel agar tetap melaksanakan tugas dengan semangat dan memonitor situasi kamtibmas pada Operasi Ketupat 2023.

Kemudian mengingatkan kepada personel untuk meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas.

Selama berlangsungnya arus balik Lebaran hingga beberapa hari ke depan, jalan-jalan diprediksi masih dipenuhi kendaraan pemudik yang akan mengarah ke Pulau Jawa dan ke beberapa provinsi di Pulau Sumatera, sehingga perlu diantisipasi jalan rawan kemacetan.

Untuk melaksanakan tugas operasi kemanusiaan itu, seluruh personel diingatkan menjaga kesehatan karena cuaca berubah-ubah, kadang hujan, kadang panas atau sebaliknya, kata AKBP Rifka Fathoni.

Sementara Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi mengatakan pihaknya menurunkan tim Samapta melakukan patroli untuk mencegah tindak kejahatan jalanan pada suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

"Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah tindak kejahatan jalanan Direktorat Samapta rutin melakukan patroli dengan kendaraan roda dua menyisir wilayah hukum Polda Sumsel," ujarnya.

Kegiatan patroli roda dua tersebut dilaksanakan secara rutin di jalan yang rawan terjadi tindak kejahatan, kawasan permukiman, dan pusat keramaian.

Tim patroli kendaraan roda dua ini selalu berhenti di setiap tempat ataupun adanya keramaian masyarakat untuk berdialog dan berinteraksi guna menanyakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungannya.

"Demi menjaga kamtibmas tetap kondusif dan pelayanan terhadap masyarakat, personel kami selalu ada di mana-mana dan tidak segan memberikan tindakan tegas terukur kepada siapapun yang melakukan aksi kejahatan, ujar Kabid Humas Polda Sumsel.