Polisi kawal ketat takbiran Lebaran di pusat kota Palembang

id Takbiran,lebaran idul fitri 1444 Hijriyah

Polisi kawal ketat takbiran Lebaran di pusat kota Palembang

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Jajaran  Polresta Palembang melakukan pengamanan malam takbir  di pusat kota Palembang, Sumatera Selatan untuk  menciptakan keamanan dan kenyamanan  masyarakat setempat menyambut Hari Raya IduI Fitri 1444 Hijriyah.

Kepala Kepolisian Resor Kota Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono, di Palembang, Jumat, mengatakan untuk pengawalan tersebut setidaknya ada sebanyak 1.852 personel polisi gabungan dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan yang disiagakan.  

Ribuan orang personel kepolisian yang terdiri dari satuan Lalu Lintas, Kriminal dan Samapta itu tersebar ke setiap simpul keramaian, kata dia.

Pihak kepolisian memetakan simpul keramaian itu menyasar pada ruas jalan raya dalam kota meliputi Jalan Jendral Sudirman, Veteran, POM IX, Kambang Iwak dan Demang Lebar Daun hingga pukul 10.00 WIB.

Selain aktivitas warga melaksanakan malam takbiran di jalan, keramaian itu juga dipengaruhi oleh aktivitas pada pusat perbelanjaan di kawasan tersebut, kata dia.

Untuk itu, meski tidak ada larangan namun pihaknya mengimbau warga yang melaksanakan takbiran di jalan atau aktivitas lainnya untuk menaati aturan lalu lintas sehingga kondisi tetap kondusif.

 “Semua akan kami kawal mengedepankan tindakan humanis. Pengawalan ini juga dilakukan hingga untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Sabtu besok,” kata dia.

Dia memastikan, selain di pusat kota personel kepolisian juga disiagakan untuk melakukan pengawalan ke pemukiman penduduk di setiap 18 kecamatan yang tersebar di kawasan Ulu hingga Hilir Kota Palembang.