Pertamina bentuk kampung wisata bangkitkan ekonomi warga Kota Jambi

id Jambi, kota Jambi, kelurahan Eka jaya, kampung wisata kota Jambi, Pertamina Patra niaga sumbagsel, CSR pertama Sumbagsel

Pertamina bentuk kampung wisata bangkitkan ekonomi warga Kota Jambi

Penyerahan bantuan CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagsel untuk Kampung Wisata Eka Jaya, Kota Jambi, Jumat (3/2/2023). (ANTARA/HO-Pertamina Patra Niaga Sumbagsel)

Jambi (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumbagsel melakukan penguatan ekonomi masyarakat di Kelurahan Eka Jaya, Kota Jambi dengan membentuk Kampung Wisata Eka Jaya.

Area Manager Communication, Relation dan CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangan di Jambi, Jumat, mengatakan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina terus berupaya dalam ikut mendukung upaya pemerintah dalam memberdayakan masyarakat melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dengan meresmikan program yang merupakan sarana untuk mengakomodasi minat warga khususnya Kelurahan Eka Jaya.

"Kami berharap program yang dilaksanakan dapat memberikan perubahan yang lebih baik pada bidang ekonomi serta meningkatkan ekosistem di Kelurahan Eka Jaya," kata dia.

Selain itu, harapannya untuk program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Untuk membentuk kampung wisata ini, Pertamina melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sultan Thaha memberikan bantuan senilai Rp300 juta yang diperuntukkan bagi kelompok Kampung Wisata Eka Jaya dan kolam pemancingan.

Ia berharap melalui bantuan tersebut dapat membantu warga sekitar dalam peningkatan ekonomi serta ekosistem semakin baik.

Ia menjelaskan jika bantuan ini mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), program ini mendukung beberapa tujuan SDGs diantaranya tujuan ke-13 mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

Selain itu juga terkait tujuan SDGs kedelapan yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta tujuan ke-17 yaitu soal kemitraan untuk mencapai tujuan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi Mariani Yanti mengatakan dengan adanya Kelompok Kampung Wisata Eka Jaya yang diberikan oleh DPPU Sultan Thaha dapat mendorong kelompok untuk meningkatkan ekosistem serta menjadikan contoh kampung wisata yang berbeda dari lainnya.

"Pengembangan kampung wisata juga masuk dalam program Dinas Pariwisata Kota Jambi pada tahun 2023 dengan mengoptimalkan destinasi wisata yang ada," kata dia.