Tim Indagsi Polda Sumsel antisipasi kenaikan sembako jelang Natal

id Tim Indagsi, indagsi Polda Sumsel, antisipasi kenaikan harga sembako, sembako, harga sembako, kenaikan harga jelang natal, kebutuhan pokok

Tim Indagsi Polda Sumsel antisipasi kenaikan sembako jelang Natal

Stok sembako di salah satu pasar swalayan di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Tim Subdit l Industri Perdagangan dan Asuransi (lndagsi) Ditreskrimsus Polda Sumatera Selatan meningkatkan pengawasan untuk mengantisipasi  kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2023.

"Pengawasan diperketat terutama dalam proses distribusi dari  tempat produksi hingga ke pasar tradisional," kata Kasubdit l lndagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Hadi Syaefudin di Palembang, Selasa.

Menurut dia, melalui pengawasan distribusi tersebut, diharapkan stok kebutuhan pokok masyarakat tersedia cukup banyak sesuai permintaan masyarakat.

"Stok kebutuhan pokok harus tersedia cukup banyak di pasaran, jika distribusi terganggu apalagi terjadi penimbunan dapat mempengaruhi harga di pasaran dalam kondisi terjadi peningkatan permintaan masyarakat yang biasa terjadi menjelang hari besar keagamaan," ujarnya.

Untuk melakukan pengawasan stok dan distribusi sembako, selain menurunkan petugas ke lapangan, pihaknya mengharapkan partisipasi dari semua pihak dan lapisan masyarakat.

Aktivitas produksi dan distribusi sebagian besar berada di tengah-tengah masyarakat, tanpa partisipasi masyarakat pengawasan kurang optimal karena keterbatasan personel Subdit lndagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel.

Jika masyarakat mengetahui  di sekitar wilayah tempat tinggalnya ada aktivitas mencurigakan sebagai tempat penimbunan sembako atau kegiatan yang berpotensi mempengaruhi kenaikan harga kebutuhan pokok, diimbau untuk melaporkannya kepada aparat kopolisian terdekat.

Dengan diturunkannya tim lndagsi Ditreskrimsus Polda Sumatera dan partisipasi masyarakat, diharapkan bisa menutup celah aktivitas masyarakat yang dapat menyebabkan kenaikan harga sembako.

Dalam kegiatan pengawasan lapangan, pihaknya akan melakukan penindakan secara tegas kepada siapapun yang terlibat menyebabkan terganggunya distribusi dan kenaikan harga sembako, ujar dia pula.