Paguyuban Sinar Mas Sumsel gelar donor darah

id Donor darah,pmi,sinar mas

Paguyuban Sinar Mas Sumsel gelar donor darah

Kegiatan donor darah digelar Paguyuban Sinar Mas Sumsel di Palembang, Kamis (9/6/22). (ANTARA/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan menggelar donor darah di Palembang, Kamis, untuk membantu Palang Merah Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Ketua Paguyuban Sinar Mas Iwan Setiawan mengatakan kegiatan ini digelar sekaligus untuk memperingati Hari Donor Darah sedunia pada setiap 14 Juli.

Dalam kesempatan ini paguyuban melibatkan karyawan Sinar Mas dan masyarakat sekitar wilayah operasi dari masing-masing unit dengan menggandeng PMI, Pemprov Sumsel dan Jaringan Siber Media Indonesia (JMSI).

“Kami ingin menyosialisasikan ke masyarakat mengenai pentingnya donor darah. Selain itu, kami juga ingin menjadi pelopor agar donor darah ini menjadi gaya hidup karyawan,” kata Iwan.

Ia mengatakan hingga kini belum ada teknologi yang bisa memproduksi darah sehingga dibutuhkan kepedulian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Untuk itu perlu dilakukan edukasi ke masyarakat untuk membiasakan diri dalam mendonorkan darahnya.

“Dalam satu tahun setidaknya dibutuhkan 7.000 kantong darah, artinya sangat penting sekali adanya kegiatan donor darah yang diinisiasi masyarakat,” kata dia.

Tak hanya donor darah, Paguyuban Sinar Mas juga memiliki kepedulian terhadap Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular yang sudah diluncurkan Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu.

Dalam gerakan ini, Paguyuban Sinar Mas menyediakan layanan periksa kesehatan gratis pada momen kegiatan donor darah ini.

Ia menambahkan berdasarkan data WHO diketahui sebanyak 41 juta jiwa meninggal setiap tahun karena penyakit tidak menular, dan di Indonesia masuk lima besar penyebab kematian. 

“Saat pandemi ternyata penyakit tidak menular ini membuat risiko kematian lebih tinggi. Artinya memang tidak bisa disepelekan seperti penyakit diabetes, jantung dan hipertensi,” kata dia.

Oleh karena itu, Paguyuban Sinar Mas melalui kegiatan ini berharap dapat membantu peran pemerintah mewujudkan masyarakat hidup lebih berkualitas.