Pemkab OKU Timur luncurkan KPN Mart

id Mini Market KPN Mart, koperasi simpan pinjam, pelaku UMKM, produk lokal, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur luncurkan KPN Mart

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah meluncurkan KPN Mart di Martapura, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan meluncurkan Mini Market KPN Mart guna  memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

"Mini Market KPN Mart ini di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM dan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Korpri Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)  Timur," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Kamis.

Dia menjelaskan, KPN Mart ini menjual produk-produk terjangkau bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di daerah itu.

Peluncuran Mini Market KPN Mart tersebut juga dapat menjadi ajang promosi dalam menjual produk-produk UMKM di Kabupaten OKU Timur.

Para pelaku UMKM dapat memasarkan berbagai produk lokal guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Banyak peluang usaha koperasi seperti kerajinan tangan, produk-produk lokal, dan lainnya dapat dipasarkan melalui KPN Mart tersebut," ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya KPN Mart dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, mengatasi pengangguran dan menjadi sentra penjualan oleh-oleh asal daerah setempat.

Sementara itu, Ketua KPN Korpri OKU Timur Didik Riyadi dalam laporannya menyampaikan, saat ini KPN Korpri telah memiliki anggota koperasi sebanyak 2.000 orang dari kalangan ASN dengan mencapai senilai Rp5 miliar.

"Adapun program kegiatan KPN Korpri di antaranya simpan pinjam, waserda, dan KPN Mart," katanya.

Menurutnya,  potensi simpan pinjam sangat besar, terbukti masih banyaknya pengajuan ASN yang hingga saat ini belum dapat direalisasikan.

"Untuk itu ke depannya kami akan menjalin kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia, Bank Sumsel Babel Syariah, dan PT Pegadaian terkait kredit logam mulia," ujarnya.