Suho EXO berbagi momen nostalgia hingga rencana album solo kedua

id Suho EXO,EXO

Suho EXO berbagi momen  nostalgia hingga rencana album solo kedua

Suho EXO (Instagram.com/weareone.exo)

Jakarta (ANTARA) - Kim Jun-myeon atau dikenal sebagai Suho, pemimpin grup idola K-pop EXO, akhirnya berkesempatan bertemu dengan para penggemarnya yang berjuluk EXO-L tak lama setelah resmi dibebastugaskan dari wajib militer beberapa hari lalu.

Ada beragam topik yang dia bicarakan dalam pertemuan perdananya itu dengan EXO-L selama kurang lebih sejam lamanya melalui siaran langsung akun di YouTube EXO, Sabtu malam.

Salah satunya mengenai motto hidupnya yang tidak berubah sejak 30 tahun lalu. Pria asal Seoul itu, memiliki motto hidup "Kamu bisa melakukannya. Kenali dirimu" (terjemahan literal). Menurut dia, jika seseorang mengenal dirinya dan tempat dia berpijak, maka dia akan berkembang dan membaik.

"Kamu harus tahu kelemahanmu. Kenali dirimu. Itu mottoku dan sekarang menjadi pengalamanku," kata Suho yang debut di dunia musik K-pop bersama EXO pada tahun 2012 itu.

Suho lalu ditanya penggemar mengenai momen yang paling dia ingat sepanjang perjalanan karirnya. Suho menjawab saat dia menggelar konser dua tahun silam. Saat itu dia masih bertemu secara langsung dengan para EXO-L. Tetapi, setahun kemudian situasi memburuk karena pandemi COVID-19).

"Aku sempat menonton video-video lama, pesan-pesan anggota. Aku ingin kembali tampil di konser. Saat semuanya membaik, kita akan menggelar konser. Mohon menunggu sebentar lagi," kata dia.

Suho masih ingat pernah tampil di salah satu acara musik pada Desember 2018. Saat itu EXO membawakan lagu "Tempo" dan "Love Shot" di atas panggung yang dirancang seperti pertunjukan musikal. Kala itu para personel grup tampak bersemangat. Dia lalu teringat ikatan di antara para personel yang luar biasa. Dia lalu semakin membawa para penggemar ke awal masa debutnya, lewat sebuah video teaser 10 tahun silam. Dalam video berdurasi 0:57 detik yang diunggah di laman YouTube SMTOWN itu, Suho tampil bersama D.O dengan latar tempat padang ilalang. Tak ada nyanyian dari kedua pria itu. Satu-satunya suara berasal dari instrumental "Reflection", menyuguhkan suasana sedih.

Bila diingat kembali, video itu menjadi teaser ke-16 EXO yang diungkap agensi SM Entertainment. Kala itu, EXO masih terbagi menjadi dua unit, EXO K dan EXO M dengan total 12 personel. EXO-K dan EXO-M membuat debut mereka pada hari dan waktu yang sama dengan lagu yang sama di Korea Selatan dan China.


 


Usai menonton video, dia berkomentar mengenai potongan rambut saat itu yang tak seimbang. Dia mengatakan sebenarnya tidak begitu menyukai tampilan seperti itu, tetapi dia diyakinkan pihak profesional bahwa penampilannya bagus.

Suho juga mengomentari wajahnya yang terlihat lebih tua, berbeda dengan D.O. yang lebih muda. Menurut dia, wajah D.O. dulu dan kini sama sekali tak berubah. Dia lalu sembari bercanda, mengatakan masih menyimpan jaket di dalam video dan ingin melelangnya pada penggemar suatu hari nanti.

"Jaket itu baru sekali aku pakai, sekali dicuci dan kini disimpan. Aku ingin melelangnya jika kalian mengingkannya," kata Suho seraya tertawa.

EXO resmi debut melalui single "Mama" diikuti album berjudul sama. Sebelum resmi debut, mereka sempat meluncurkandua single yakni "History" dan "What is Love". Suho mengaku ingin kembali menampilkan "Mama" dan "History". Dia merasa saat ini bisa lebih baik membawakannya hingga sanggup mendominasi di dalam grup.

Berbicara mengenai peringatan debut EXO ke-10 tahun pada 8 April mendatang, atau kurang dari dua bulan lagi, dia tiba-tiba teringat Sehun, personel termuda grup yang dulu sempat dipanggil dengan nama "Oh Chick" (terjemahan literal).

"Waktu berlalu dengan cepat, aku merasa masih menjadi mahasiswa. Tetapi ini sudah 10 tahun. Aku terpikir Sehun kala itu masih seperti anak ayam, sekarang dia sudah menjadi ayam (dewasa). Aku ingat panggilannya, "Oh Chick". Dia tinggi sekarang dan punya kumis," papar Suho.

Pria yang menjadi personel pertama EXO yang bergabung dengan agensi SM Entertainment juga teringat penggemar yang menurut dia kini sebagian sudah di bangku kuliah dan mulai bekerja. Dia berharap bisa memberi para EXO-L hadiah kecil saat perayaan debut ke-10 tahun grup.
 
Suho EXO (Instagram.com/weareone.exo)


Tentang penggemar dan rencana album solo

Ketika ditanya tentang momen yang paling dia rindukan bersama penggemar, dia menjawab saat berulang tahun. Suho mengatakan, setiap tahun banyak penggemar yang mengirimkan ucapan selamat padanya.

Suho juga teringat pernah merayakan ulang tahunnya dan Baekhyun bersama pengggemar saat acara jumpa penggemar di Jepang.

"Aku memikirkan penggemar di hari ulang tahunku, juga keluargaku," kata pria dengan hasil tes psikologi MBTI, ENFJ itu.

Suho lalu ditanya mengenai perubahan yang dia rasakan selama dua tahun rehat dari dunia hiburan karena menjalani wajib militer. Dia merasa tak ada yang berubah dari dirinya.

Saat di militer, untuk sekali lagi dia merasakan nilai berharga penggemar. Dia mengatakan, jika memungkinkan suatu saat nanti, dia ingin lebih sering bertemu mereka. Seorang penggemar dalam kolom komentar bertanya perkembangannya mempelajari bahasa Inggris. Suho mengatakan, "Kupikir lebih baik jika memiliki teman dari negara tersebut. Aku bertemu seorang teman dari luar negeri di gym. Aku punya tiga guru bahasa Inggris, satu orang penutur asli, berdarah Korea-Amerika dan pelajar dari luar negeri,".

Suho mengatakan, salah satu upaya yang paling membantunya belajar bahasa Inggris yakni dengan menonton tayangan "Friends". Dia bahkan sempat mengingat episode-episode tayangan itu. Saat belajar akting, Suho akan membawakan dialog dari tayangan itu.

"Mempelajari bahasa asing itu penting. Apalagi aku suka travelling, aku suka bepergian ke luar negeri dan berbincang dengan penggemar dari luar Korea," kata dia yang sempat kecewa karena tak ada satupun rekan satu grupnya hadir kala itu, berbeda dengan saat Xiumin melakukan siaran serupa beberapa waktu lalu.

Berbicara karya solo berikutnya, Suho mengaku belum tahu jadwal tepat perilisannya. Dia mengungkapkan, kemungkinan bukan dalam bentuk mini album tetapi album penuh. Suho resmi debut solo melalui mini album berjudul "Self-Potrait" yang dirilis pada 30 Maret 2020.

Mini album dengan konsep yang terinspirasi dari lukisan itu sempat menduduki peringkat pertama tangga lagu iTunes di 50 negara, termasuk Indonesia. Mini album "Self-Potrait juga pernah memuncaki tangga lagu domestik, termasuk Hanteo Chart, Sinnara Records, Kyobo Books, Yes24, dan Aladdin.

"Dibandingkan "Self-Potrait" ini akan lebih dalam. Aku akan berpartisipasi dalam penulisan lirik dan penyusunan semua lagu. Lirik-lirik di dalam lagu nantinya menggambarkan pemikiranku selama dua tahun terakhir, sejak aku tak lagi berkomunikasi (secara langsung) dengan para penggemar," ujar Suho.
 

Hari ini dia merilis sebuah video hitam putih berdurasi 18 detik. Suara detak yang mirip dengan jam lalu setelan jas di dalam lemari menjadi bagian dari yang dihadirkan dalam video itu.
Selain sebagai penyanyi Suho, dia berharap bisa menunjukkan dirinya sebagai aktor Kim Jun-myeon. Proyek terakhir dirinya yakni "The Present", sebuah film web berdurasi sekitar 40 menit. Film yang tayang pada tahun 2019 itu bergenre komedi, menceritakan anak muda bersatu menjalankan ide seorang pria misterius dari masa lalu. Sejak debutnya di dunia akting, Suho sudah tampil dalam sejumlah judul drama dan drama web antara lain "To The Beautiful You", "Prime Minister & I", "How Are You Bread", "The Universe's Star" dan "Rich Man, Poor Woman", film "One Way Trip" dan "Student A".

"Sebagai aktor, aku masih mempertimbangkan naskah. Aku pikir kalian akan bisa melihat karyaku dalam waktu dekat. Juga dengan pertujukan musikal. Aku berharap bisa banyak tampil di waktu mendatang," kata Suho.

Ketika ditanya peran yang diinginkan, dia menjawab, "Seorang pengangguran. Bukan sosok yang mengacau tetapi dia yang sangat nyaman dan menikmati hidupnya".

Mengakhiri siaran langsungnya, Suho berjanji akan melakukan comeback secepatnya melalui konten beragam. Dia sebisa mungkin berusaha memberikan hadiah yang layak untuk para penggemar, EXO-L. "Aku akan berusaha sebaik mungkin," demikian kata dia.