Universitas Jambi siapkan peserta program pertukaran mahasiswa internasional

id Jambi, unja, mahasiswa internasional

Universitas Jambi siapkan peserta program pertukaran mahasiswa internasional

Rektor Unja Prof. Drs H Sutrisno berfoto bersama dengan peserta pelatihan program pertukaran mahasiswa internasional yang digelar Unit Layanan Internasional Unja. ANTARA/HO/Humas Unja

Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) melakukan pelatihan dan mempersiapkan peserta Program Pertukaran Mahasiswa Internasional tahun 2022 yang rencananya kembali bergulir setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Pelatihan ini dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk ikut program pertukaran mahasiswa internasional. Mudah-mudahan tahun 2022  bisa offline," kata Kepala UPT Layanan Internasional Unja Dr Sri Wahyuni seperti dikutip dari laman resmi Universitas Jambi, Rabu.

Unit Layanan Internasional Unja secara khusus menggelar pelatihan dalam rangka mempersiapkan para mahasiswa yang dipersiapkan untuk program itu. Dua tahun lalu, sebelum pandemi COVID-19, Unja mengirimkan perwakilan mahasiswanya melakukan pertukaran mahasiswa ke Thailand, Filipina dan Malaysia.

Mereka berbaur dengan mahasiswa di perguruan tinggi yang ditunjuk di negara tujuan.

Demikian halnya dengan Universitas Jambi juga menjadi tuan rumah bagi para mahasiswa dari luar negeri yang mengikuti pertukaran mahasiswa di Jambi. Selain beraktivitas di kampus, dengan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Jambi, mereka juga mengajar dan berbagi pengalaman di sejumlah SMP dan SMA.

Sri Wahyuni juga menyebutkan, kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan International Day, yang merupakan salah satu bentuk perwujudan tugas di Unit Layanan Internasional Unja.

Untuk memberikan pembekalan kepada para mahasiswa, dihadirkan narasumber yang memberikan wawasan terkait program pertukaran mahasiswa itu, para penerima beasiswa LPDP serta alumni pertukaran mahasiswa internasional.

Sementara itu Rektor Unja Prof Drs H Sutrisno M.Sc. Ph.D saat memberikan pembekalan kepada peserta pelatihan menyebutkan pertukaran mahasiswa international merupakan salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka salah satu kegiatannya pertukaran pelajar, kegiatannya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bebas mencari pengalaman di luar lingkungan kampus," katanya.

Universitas Jambi saat ini terus mengembangkan dan menyempurnakan program Unja SMART untuk memudahkan pelayanan dan akses bagi civitas akademika. Selain itu juga menggulirkan Laboratorium Desa Terpadu (LDT) yakni laboratorium penelitian bagi dosen dan mahasiswa langsung di desa-desa di Provinsi Jambi.

Program Laboratorium Desa Terpadu itu merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Selain melakukan penelitian, juga memberikan nilai tambah dan solusi bagi masyarakat di daerah lokasi LDT. Hingga saat ini telah ada 60 Laboratorium Desa Terpadu yang juga merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dari Unja.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021