Gubernur Sumsel: jadikan Porprov OKU Raya ajang menjaring atlet PON Aceh-Sumut

id Porprov OKU Raya, PON Aceh, Gubernur Sumsel

Gubernur Sumsel: jadikan Porprov OKU Raya ajang menjaring atlet PON Aceh-Sumut

Gubernur Sumsel Herman Deru membuka pelaksanaan Porprov XIII OKU Raya di Kabupaten OKU Selatan, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Prestasi atlet asal Sumsel ini sudah dibuktikan pada PON Papua beberapa waktu lalu dengan hasil Sumsel naik lima peringkat dari PON sebelumnya
Muaradua (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menjadikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIII OKU Raya sebagai ajang penjaringan atlet-atlet terbaik asal daerah itu untuk bertanding pada PON Aceh-Sumut  2024.

"Kami ingin atlet muda asal Sumsel ini di masa yang akan datang dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi," kata Gubernur Sumsel, Herman Deru dalam Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII OKU Raya 2021 di Danau Ranau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selatan, Senin.

Dia menargetkan dalam pelaksanaan Porprov yang digelar hingga 28 November 2021 itu dapat menjaring bibit atlet asli Sumsel yang terbaik untuk berlaga di PON Aceh pada 2024.

"Salah satunya klub sepak bola profesional seperti SFC di masa mendatang diisi pemain asal 17 kab/kota di Sumsel untuk berlaga di liga satu atau  liga dua," katanya.

Baca juga: Atlet Kempo Ogan Komering Ulu sumbang lima medali emas
Terkait pembinaan para atlet ini, kata dia, pasti memerlukan peran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

Untuk itu, ia meminta KONI di daerah terus bersinergi dengan pihak terkait untuk meningkatkan prestasi para atlet agar dapat bertanding di PON Aceh dan mengharumkan nama daerah.

"Prestasi atlet asal Sumsel ini sudah dibuktikan pada PON Papua beberapa waktu lalu dengan hasil Sumsel  naik lima peringkat dari PON sebelumnya,” jelas Deru..

Oleh sebab itu, Gubernur juga meminta kepada Bupati OKU Raya yaitu Bupati OKU, OKU Timur dan OKU selatan untuk menjaga nama baik daerah mereka sebagai tuan rumah selama delapan hari ke depan.

Selain menjaring atlet terbaik, dalam Porprov ini juga diharapkan dapat memulihkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Selain menggeliatnya kegiatan ekonomi kecil, pelaku usaha rumah makan dan lain juga tentu terdampak peningkatanya. Bahkan, jasa penginapan juga terimbas positif lantaran banyak tamu yang datang dan menginap," ujarnya.
Baca juga: Tim basket putra-putri Palembang raih empat medali emas di Porprov Sumsel