Dinas Kesehatan OKU kampanyekan Germas

id Gerakan masyarakat hidup sehat, kampanye germas, lintas sektor, penyakit menular dan tidak menular, Dinas Kesehatan OKU

Dinas Kesehatan OKU kampanyekan Germas

Ilustrasi Logo Germas (ANTARA/HO/21)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengkampanyekan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang melibatkan lintas sektor kesehatan di wilayah itu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Deddy Wijaya didampingi Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Afua Amuri di Baturaja, Jumat, menjelaskan kampanye Germas di tengah pandemi COVID-19 dilakukan melalui kegiatan sosialiasi yang digelar di setiap kecamatan di wilayah itu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengedukasi masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat supaya terhindar dari penyebaran penyakit menular dan tidak menular.

"Kampanye Germas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat serta menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular," jelasnya.

Dia mengemukakan, untuk menurunkan faktor resiko penyakit menular dan tidak menular ini dapat dilakukan dengan meningkatkan aktivitas teratur seperti olahraga minimal 30 menit setiap hari.

Kemudian, rutin melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan buang air besar menggunakan jamban.

Masyarakat juga disarankan agar rutin melakukan pemeriksaan deteksi dini penyakit di tempat pelayanan kesehatan minimal enam bulan sekali, terutama tekanan dan kadar gula darah.

"Melalui kampanye Germas ini diharapkan masyarakat teredukasi untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit," ujarnya.