PMI OKU sebut stok darah semakin menipis

id Stok darah, PMI OKU, donor darah sukarela, pasien rumah sakit, COVID-19,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

PMI OKU sebut stok darah semakin menipis

Kantor UTD PMI Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Stok darah di UTD PMI Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini semakin menipis sehingga warga diminta untuk proaktif melakukan donor darah sukarela agar kebutuhan darah di seluruh rumah sakit di daerah itu bisa dipenuhi.

"Selama masa pandemi ini kami jarang sekali mengadakan kegiatan donor darah massal, sehingga stok darah semakin menipis," ungkap Kepala UTD PMI Ogan Komering Ulu (OKU) Doddy Numirsyah didampingi Kabag Pelayanan dan Managemen Kualitas, Dedi Arisandi, di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan saat ini stok darah yang ada di bank darah milik UTD PMI OKU tersisa 5-6 kantong untuk seluruh golongan.

Menurut dia, persediaan yang ada tersebut jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan darah di seluruh rumah sakit di kabupaten itu yang rata-rata 250 hingga 300 kantong per bulan.

Guna mengatasi kekurangan stok darah tersebut, lanjut Dedi, selama masa pandemi pihaknya meminta kepada pasien yang butuh darah agar mencari sendiri pendonor sukarela.

"Biasanya dari pihak keluarga pasien itu sendiri," katanya.

Warga juga dapat secara sukarela mendonorkan darahnya di UTD PMI OKU agar kebutuhan darah di beberapa rumah sakit di wilayah itu dapat dipenuhi.

"Silakan datang ke kantor kami, setetes darah anda sangat berarti bagi nyawa pasien," ujarnya.