PT Bukit Asam vaksin karyawan, siapkan 3.000 dosis

id bukit asam,ptba,vaksin ptba

PT Bukit Asam vaksin karyawan, siapkan 3.000 dosis

Pekerja di PT Bukit Asam melakukan vaksinasi tahap pertama di Gedung Serba Guna PTBA, Tanjung Enim, Sumatera Selatan, Kamis (10/6). (ANTARA/HO/21)

Vaksin ini sangat kami perlukan untuk melindungi diri, apalagi tuntutan pekerjaan yang mengharuskan berhubungan dengan mitra di luar perusahaan
Tanjung Enim (ANTARA) - PT Bukit Asam (Persero) Tbk melakukan program vaksinasi kepada karyawan yang bekerja di wilayah operasi Tanjung Enim, Sumatera Selatan, untuk mencegah penyebaran virus corona dengan menyiapkan 3.000 dosis.

Ketua Panitia Pelaksana Vaksinasi PTBA Reviyanto di Tanjung Enim, Jumat, mengatakan, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak Kamis (10/6) hingga 15 Juni mendatang di Gedung Serba Guna milik perusahaan.

“Dalam kegiatan vaksin yang mendukung program pemerintah ini, PTBA memprioritaskan pegawai berusia di atas 30 tahun untuk divaksin,” kata Reviyanto.

PTBA bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Dinas Kesehatan Muara Enim menyediakan total 3.000 dosis vaksin jenis Astrazeneca, yang mana 800 dosis diberikan ke pegawai dan 2.200 dosis untuk pekerja alih daya.

Sebelum mendapatkan vaksin, seluruh peserta di-screening terlebih dahulu untuk memastikan keadaan sehat.

Kemudian setelah divaksin, peserta melalui fase observasi yakni diminta untuk menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengetahui apakah terjadi efek samping.

“Setelah melalui proses ini (tahap pertama), peserta akan divaksin lagi pada tiga bulan mendatang untuk tahap kedua,” kata dia.

Baca juga: Bukit Asam raih dua penghargaan Global Good Governance Awards

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit PTBA Bandriyo Sudarsono mengatakan munculnya efek samping dari pemberian vaksin ini sangat tergantung dengan daya tumbuh masing-masing peserta.

“Gejala seperti sedikit panas, meriang dan kadang-kadang agak kelelahan, itu sebenarnya efek samping dari semua vaksin,” kata dia.

Oleh karena itu, para pekerja tidak perlu terlalu khawatir karena vaksinasi ini memang bertujuan memasukkan virus ke dalam tumbuh agar ketika diserang COVID-19 sudah menjadi kebal.

Bagi peserta yang sudah terkena COVID-19 juga tetap diwajibkan untuk divaksinasi, namun pelaksanaannya setelah tiga bulan dinyatakan sembuh.

Baca juga: Bukit Asam relokasi 118 KK bantu kesejahteraan warga Tanjung Enim

Salah seorang peserta program vaksinasi, Senior Manajer SDM Operasional PTBA, Yudhya Santyawan, mengatakan dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti program vaksinasi ini.

Bukan hanya sebagai bentuk dukungan kepada perusahaan, tapi sejatinya vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi diri dari COVID-19.

“Alhamdulillah sudah divaksin hari ini. Walau sudah divaksin tetap harus jalankan protokol kesehatan,” kata dia.

Salah seorang pekerja alih daya satuan CSR PTBA Efi Hendriyani mengucapkan terima kasih kepada PTBA dan Pemkab Muara Enim atas upaya pemberian vaksin COVID-19 ini.

"Vaksin ini sangat kami perlukan untuk melindungi diri, apalagi tuntutan pekerjaan yang mengharuskan berhubungan dengan mitra di luar perusahaan,” kata dia.

Baca juga: Bukit Asam kembangkan PLTS di lahan pascatambang

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar