DPPKB beri layanan KB gratis perdana di masa pandemi

id KB gratis perdana, terhenti di masa pandemi, perdana di gelar di Baturaden, atur jarak kelahiran, DPPKB OKU

DPPKB beri layanan KB gratis perdana di masa pandemi

Masyarakat OKU antusias mengikuti program layanan KB gratis. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggelar layanan KB gratis perdana bagi masyarakat di wilayah itu di tengah pandemi COVID-19.

"Setelah sempat terhenti pada 2020 akibat pandemi, kini layanan KB gratis dilaksanakan lagi di Kabupaten OKU," kata Kepala DPPKB Ogan Komering Ulu (OKU), Nanang Nurzaman di Baturaja, Selasa.

Dia mengemukakan layanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) dan KB gratis perdana ini digelar di Desa Baturaden, Kecamatan Lubuk Raja.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan pelayanan dan alat kontrasepsi kepada masyarakat yang membutuhkan layanan KB.

Adapun pelayanan KB gratis di Desa Baturaden ini meliputi penggunaan implant 165 akseptor, 15 pil, 12 kondom dan pengguna IUD sebanyak lima akseptor.

"Sedangkan KB suntik sejauh ini belum ada," ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan dilaksanakan program KB ini yaitu untuk membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak.

Hal tersebut dilakukan agar diperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Oleh sebab itu, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan di setiap kecamatan di Kabupaten OKU agar tercipta keluarga bahagia dan sejahtera," ujarnya.