PSSI: Bagus Kahfi gabung timnas U-19 setelah pulih total

id amiruddin bagus kahfi,timnas u19,shin taeyong,piala asia u19,piala dunia u20

PSSI: Bagus Kahfi gabung timnas U-19 setelah pulih total

Dokumentasi: Pesepak bola Indonesia U-19 Amiruddin Bagus Kahfi (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang China U-19 saat laga uji coba di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama

Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan bahwa penyerang muda klub Barito Putera Amiruddin Bagus Kahfi akan bergabung dengan tim nasional U-19 jika cederanya sudah pulih total.

"PSSI saat ini menunggu kesembuhan Bagus Kahfi dan jika kondisinya sudah 100 persen dia akan dipanggil untuk bergabung ke timnas U-19," ujar Indra, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu.

Pria asal Sumatra Barat tersebut yakin Bagus dapat bersaing di timnas U-19 yang dilatih Shin Tae-yong.

Indra juga melihat peluang Bagus cukup besar untuk merumput di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Peluangnya cukup terbuka bermain di Piala Asia U-19 serta Piala Dunia U-20 nanti. Bila dia mampu bermain apik di dua ajang tersebut, bakatnya pasti terpantau oleh banyak 'talent scout' dan bisa saja bergabung ke klub di Eropa," kata Indra.

Adapun pernyataan Indra Sjafri itu seolah memberikan motivasi kepada Bagus Kahfi yang sempat kecewa karena kepindahannya ke klub Belanda FC Utrecht belum bisa terwujud pada tahun 2020.

Amiruddin Bagus Kahfi menjadi penyerang belia andalan Indonesia sejak dirinya memperkuat tim nasional U-16.

Pesepak bola berusia 18 tahun tersebut lalu berandil besar dalam membawa timnas U-18 Indonesia ke peringkat ketiga Piala AFF U-18 tahun 2019, di mana dia sukses menjadi pemain tersubur dengan membuat enam gol.

Bagus juga berperan dalam membantu Indonesia menjadi yang terbaik di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Sayangnya, Bagus mengalami cedera sejak Maret 2020 saat menjalani program Garuda Select periode kedua dan sampai berita ini diturunkan masih terus memulihkan kondisi fisiknya.