Dinkes Ogan Komering Ulu gelar BIAS dengan protokol kesehatan

id Bulan Imunisasi Anak Sekolah, sesuai protokol kesehatan,ratusan siswa sekolah, SD sederajat, kekebalan tubuh, dilaksanak

Dinkes Ogan Komering Ulu gelar BIAS dengan  protokol kesehatan

Arsip- Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Rubella kepada seorang siswa di SD. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nz

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan protokol kesehatan yang sasarannya ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) dan sederajat di wilayah itu.

"Meskipun di tengah pandemi, pemberian imunisasi tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Dinkes Ogan Komering Ulu Husni Tamrin melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan BIAS digelar selama 1-30 November 2020 melalui seluruh UPTD puskesmas di daerah itu.

Teknis pelaksanaan BIAS, kata dia, di sekolah masing-masing secara bertahap untuk mencegah kerumunan massa.

Tim dari puskesmas langsung terjun ke setiap sekolah yang sudah terjadwalkan untuk memberikan imunisasi bagi siswa SD dan sederajat, mulai dari kelas I, II dan V untuk kekebalan tubuh.

"Setiap siswa satu persatu diberikan imunisasi dengan menerapkan protokol kesehatan 3M," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, setiap siswa akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, penimbangan dan pengukuran tinggi badan sebelum diberikan imunisasi.

Dia mengemukakan imunisasi yang diberikan tersebut, yaitu untuk siswa kelas I jenis Difteri Tetanus (DT) dan kelas II-V imunisasi Tetanus Diftheria (TD).

Menurut dia, pemberian imunisasi ini harus dilakukan agar dapat menurunkan kesakitan dan mencegah kecacatan serta kematian pada anak akibat virus ataupun penyakit.

"Pada usia sekolah dasar sederajat terjadi penurunan kekebalan tubuh terutama titer antibodi sehingga anak harus diberikan imunisasi lanjutan," jelasnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar