Semen Baturaja optimalisasi distribusi produk di tengah pandemi

id semen baturaja,semen,bisnis semen,bumn semen baturaja

Semen Baturaja optimalisasi distribusi produk di tengah pandemi

Pekerja Semen Baturaja menggunakan aplikasi untuk mengelola pendistribusian semen. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mengandalkan sejumlah strategi untuk memperkuat bisnis perusahaan di tengah pandemi COVID-19, salah satunya optimalisasi distribusi produk.

Perusahaan yang beroperasi di Baturaja, Sumatera Selatan ini mengoptimalkan penjualan dan distribusi produk melalui sistem daring atau online sebagai bagian skenario bisnis di era tatanan normal baru untuk mengejar target 2,6 juta ton pada 2020.

“Kami juga mengoptimalkan pendapatan lainnya, seperti pengelolaan limbah B3 di samping juga meningkatkan utilisasi pabrik,” kata Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Jobi Triananda Hasjim di sela peringatan  HUT ke-46 emiten berkode SMBR secara virtual, Senin (16/11).

Jobi mengatakan sebagai perusahaan semen pelat merah, perseroan juga menilai perlu memperkuat sinergitas dengan klaster semen dan BUMN karya yang ada. Apalagi ada pembentukan Indonesia Cement Research Institute bersama klaster semen untuk mengembangkan SDM.

“Dengan demikian kami dapat berkontribusi nyata terhadap pembangunan infrastruktur Indonesia, terutama di Sumsel,” ujar dia.

Jobi melanjutkan SMBR juga telah melakukan inovasi bisnis model dengan memperluas bisnis ke produk hilir, juga membangun fasilitas Alternative Fuel and Raw Material (AFR) dan Waster Heat Recovery Power Geneator di perusahaan.

Ia menekankan kondisi saat ini juga menuntut adanya penerapan digitalisasi di semua lini, salah satunya pemasaran. Selain itu pula perusahaan juga membangun solusi digital dengan membentuk white labelling.

Menurutnya, pada usia 46 tahun ini, direksi juga mengajak seluruh pegawai untuk tetap produktif agar dapat melewati masa-masa sulit selama masa pandemi.

“Jangan menjadikan pandemi ini alasan untuk bermalas-malasan, justru new normal ini menjadi semangat baru untuk tetap beraktivitas dengan segala keterbatasan. Kami harus berjuang bersama untuk mencapai target perusahaan,” kata dia.