Pemerintah Inggris pertimbangkan koin buat mengenang Mahatma Gandhi

id Kantor Perbendaharaan Inggris, Gandhi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan

Pemerintah Inggris pertimbangkan koin buat mengenang Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi (telegraph.co.uk)

London (ANTARA) - Inggris sedang mempertimbangkan mencetak uang logam untuk mengenang pahlawan kemerdekaan India Mahatma Gandhi, Kantor Perbendaharaan mengatakan pada Sabtu, di tengah kepentingan yang sedang tumbuh dalam mengakui sumbangan kelompok minoritas.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak meminta Komite Penasihat Pencetakan Uang Kerajaan (RMAC) untuk melanjutkan memberi pengakuan terhadap tokoh-tokoh Kulit Hitam, Asia atau kelompok minoritas lainnya, kata Kantor itu.

"RMAC kini sedang mempertimbangkan mencetak satu uang logam untuk mengenang Gandhi," Kantor Perbendaharaan Inggris mengatakan dalam pernyataan yang dikirim lewat surel.

Mahatma Gandhi adalah pejuang kemerdekaan India sekaligus tokoh anti kekerasan yang sangat dikagumi bukan saja oleh warga India tapi juga orang di seluruh dunia.

Film yang menokohkan perjuangannya sejak berkarier sebagai pengacara di Afrika Selatan untuk membela kaum marginal hingga kematiannya akibat dibunuh oleh pengikutnya yang fanatik, yang dibuat sutradara Inggris Richard Attenborough pada 1982 menyabet Piala Oscar untuk sejumlah kategori.

Gandhi adalah tokoh dunia yang saat ini dikecam oleh novelis India Arundhati Roy, yang menilai bahwa Gandhi termasuk politikus yang melanggengkan sistem kasta dalam masyarakat Hindu.

Namun kritik Roy, yang popularitasnya melejit lewat novelnya The God of Small Things yang meraih anugerah Booker Prize, tak mengurangi kebesaran Gandhi di mata warga dunia.
Reuters