Kabupaten Bantaeng Sulsel dilanda banjir bandang

id Banjir bandang, kabupaten Bantaeng, BPBD,Sungai celedu

Kabupaten Bantaeng Sulsel dilanda banjir bandang

Suasana jalan raya di Kabupaten Bantaeng saat diterjang banjir bandang. FOTO/tangkapan layar video

Makassar (ANTARA) - Kabupaten Bantaeng di Provinsi Sulawesi Selatan dilaporkan mengalami musibah banjir bandang akibat meluapnya Sungai Celedu pada Jumat malam.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, melalui Kasubag Program Penanggulangan Bencana Bantaeng, Asrul Nur, lokasi kejadian terjadi di tujuh kelurahan.

Kelurahan tersebut masing-masing Kelurahan Pallantikan, Malililingi, Letta, Lembang, Bontosunggu, Bintiatu dan Bontorita.

Dari tujuh kelurahan tersebut, tersebar di dua Kecamatan yakni Kecamatan Benteng dan Kecamatan Bissapu.

Baca juga: Desa Rumbia Jeneponto Sulsel dikepung banjir bandang

"Penyebab kejadian, dilaporkan meluapnya Sungai Celendu akibat tidak mampu menahan laju debit air yang meningkat, ditambah hujan deras di hulu sungai menambah debit air," ujarnya melaporkan.

Bahkan CekDam Ballang Sikuyu pengendali banjir akhirnya jebol pada sisi kanan pada Jumat 12 Juni 2020, Pukul 17.00 WITA karena tidak mampu membendung laju air, hingga meluber ke rumah warga.

Saat ini, kondisi di sejumlah lokasi seperti rumah warga terendam banjir mulai di atas betis hingga setinggi paha orang dewasa, begitupun lahan perkebunan dan fasilitas umum dan jalan ikut terendam.

Upaya yang dilakukan saat ini, tim PJSA telah berkoordinasi dengan tim SDA Bantaeng untuk melakukan penanganan sambil menunggu bantuan dari tim penyelamat guna mengevakuasi warga yang rumahnya terendam.

Untuk korban jiwa, sementara ini dilaporkan masih nihil dan masih dilakukan pendataan.*