Rentang waktu Jumat dan Sabtu: Gempa magnitudo dalam skala 4 goyang Sukabumi, Poso, dan Sumbar

id GEMPA BUMI, KABUPATEN SUKABUMI, BMKG,Gempa poso, gempa talu sumbar

Rentang waktu Jumat dan Sabtu: Gempa magnitudo dalam skala 4 goyang Sukabumi, Poso, dan Sumbar

Ilustrasi gempa bumi (HO)

Jakarta (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menginformasikan gempa terjadi pada Sabtu pukul 03.39 WIB.

Adapun lokasi gempa berada di 7,68 Lintang Selatan - 106,43 Bujur Timur dengan kedalaman 16 kilometer. Pusat gempa berada di laut 78 kilometer baratdaya Kabupaten Sukabumi.

Getaran gempa dirasakan sampai Tegalbuleud, Jampang, dan Cigaru dalam skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.

Di Taipa, Kabupaten Poso

Sementara gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4 juga terjadi di Taipa, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (8/5) malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menginformasikan gempa terjadi pada pukul 22.44 WIB.

Adapun lokasi gempa berada di 1,83 Lintang Selatan - 120,49 Bujur Timur dengan kedalaman 12 kilometer. Sementara pusat gempa berada di darat 12 kilometer baratlaut Taipa, Poso.

Getaran gempa dirasakan sampai Taipa dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) dan Tentena, Poso dalam skala III MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Di Talu, Pasaman Barat Sumbar

Sedangkan di Sumatera Barat terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,2 di Talu, Pasaman Barat, Jumat (8/5) malam.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi pada pukul 21.34 WIB.

Gempa berlokasi di 0,34 Lintang Utara - 99,85 Bujur Timur dengan kedalaman 5 kilometer. Pusat gempa berada di darat 19 kilometer baratlaut Talu, Pasaman Barat.

Getaran gempa dirasakan sampai Pasaman Barat dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) dan Pasaman juga dalam skala III-IV MMI.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian.