Pemkot Palembang imbau warga waspadai demam berdarah

id Dbd, pemkot palembang imbau waspadai dbd, demam berdarah dengue

Pemkot Palembang imbau  warga waspadai demam berdarah

Ilustrasi - Petugas melakukan pengasapan untuk memberantas jentik nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue di salah rumah warga di kawasan 35 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (27/12). (Foto Antarasumsel.com/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengimbau warga kota setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Pada musim hujan sekarang ini perlu ditingkatkan kewaspadaan serangan penyakit DBD karena seperti tahun-tahun sebelumnya terjadi peningkatan jumlah penderita penyakit tersebut," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis.

Penyakit demam berdarah dengue dapat mengakibatkan penderitanya meninggal dunia, oleh karena itu warga Bumi Sriwijaya ini perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban.

Untuk mewaspadai ancaman penyakit DBD, warga Kota Palembang bisa melakukan kegiatan pembersihan lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, dan sekolah dari hal-hal yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti penyebar virus penyebab demam berdarah.

Kemudian warga juga perlu melakukan kegiatan menutup tempat penampungan air bersih, menguras secara rutin tempat penampungan air dan memberi bubuk pembasmi jentik nyamuk (abate), dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan, katanya.

Untuk mewaspadai ancaman DBD dan berbagai jenis penyakit lainnya yang biasa mengancam pada setiap musim hujan, salah satu cara yang efektif adalah  dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), katanya, merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia Sehat serta merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan,

Lingkungan bersih dapat mencegah terbentuknya sarang nyamuk penyebab DBD dan tercemarnya sumber air untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas bisa terhindar dari tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD dan diharapkan warga Palembang terhindar dari ancaman demam berdarah dan penyakit lainnya, ujar Wakil Wali Kota.