Pembalap Rolland dan Gautier jadi andalan tim B&B Hotels-Vital di TdL 2020

id Tour de Langkawi 2020,B&B Hotels-Vital Concept,Pierre Roland

Pembalap Rolland dan Gautier jadi andalan tim B&B Hotels-Vital di TdL 2020

Pebalap sepeda B&B Hotels-Vital Concept Pierre Roland (ANTARA/HO/Tour de Langkawi 2020)

Jakarta (ANTARA) - Dua mantan pebalap tim Europcar, Pierre Roland (33) dan Cyril Gautier (32), akan menjadi andalan tim kontinental baru B&B Hotels-Vital Concept pada Tour de Langkawi (TdL) 2020.

Dengan pengalaman yang dimiliki pada berbagai ajang balap sepeda besar dunia, termasuk Tour de France, dua pebalap veteran itu akan menjadi salah satu pusat perhatian pada penanjakan etape empat di Genting Highlands.

Saat keduanya masih membela Europcar pada 2013, Rolland menduduki peringkat ke-20 pada Klasifikasi Umum. Gautier saat itu tidak finis karena ia diberi tugas untuk membantu spesialis sprint Bran Couard untuk memenangi dua etape di Tanah Merah dan Kuala Berang.

Namun, kali ini kedua pebalap itu dipastikan akan memberi upaya maksimal di TdL, dengan banyaknya pengalaman dan hasrat mereka untuk mendongkrak wibawa tim B&B yang dibentuk pada 2017, dan menduduki peringkat ke-26 dunia pada musim lalu.

Rolland dan Gautier telah berpengalaman untuk bersepeda pada kondisi panas dan lembab seperti di TdL. Mereka juga akan lebih siap untuk hal-hal yang berada di luar dugaan.

Rolland pernah membela tim Credit Agricole, Bbox-Bouygues Telecom, Europcar, dan Cannondale sebelum kemudian direkrut B&B pada musim lalu. Banyak pihak menilai Rolland merupakan salah satu atlet balap sepeda terbaik yang pernah dimiliki Prancis.

Ia dinobatkan sebagai Pebalap Muda Terbaik pada Tour de France (TdF) 2011, ketika ia memenangi etape 19 di Alpe d'Huez. Ia kemudian finis di urutan sepuluh secara keseluruhan di klasifikasi umum.

Rolland mengulangi pencapaian bagus itu setahun kemudian, setelah ia mengalami kecelakaan pada fase awal etape ke-11. Ia tersingkir bersama tiga pebalap lainnya, sebelum kemudian melaju untuk memenangi etape dan finis di urutan kedelapan pada TdF 2012.

Pada 2013, Rolland berhak mengenakan jersey polkadot sebagai "Raja Tanjakan" dari etape 2 sampai etape 7, dan kemudian memenanginya lagi pada etape kesembilan. Namun, ia harus kehilangan kaus itu pada etape 15 setelah kalah dari Chris Froome saat mendaki di Mount Ventoux.

Dengan sepuluh penampilan di TdF, dua kali di Giro d'Italia, dan empat kali di Vuelta Espana, Rolland dapat diperhitungkan sebagai salah satu pebalap paling berpengalaman saat ke-22 tim berbaris untuk memulai etape 1 TdL 2020 di Bandar Kuching pada 7 Februari.

Selain Rolland, B&B juga dapat mengandalkan Gautier. Gautier membela Bboc-Boygues Telecom dan Europcar pada 2009 sampai 2015, dan AG2R pada 2016 sampai 2018. Ia selalu menjadi pebalap pendukung (domestique) untuk pebalap utama Romain Bardet.

Dengan gayanya yang agresif, Gautier telah delapan kali mengikuti TdF, dengan pencapaian terbaik, yakni peringkat ke-25 pada 2014

Selain kedua pebalap veteran itu, B&B Hotels juga masih memiliki Johan Le Bon (28), Jeremy Lecroq (24), dan Justin Mottier (26).

Le Bon memperkuat Pro Tour Francaise des Jeux dari 2015 sampai 2017, sedangkan Mottier diharapkan membimbing sprinter muda Lecroq.

TdL 2020 dijadwalkan berlangsung dari 7 sampai 14 Februari 2020, yang menempuh jarak 1.145 kilometer dengan melintasi sembilan negara bagian Malaysia, yakni Sarawak, Terengganu, Pahang, dua wilayah persekutuan (Putrajaya dan Kuala Lumpur) Selangor, Perak, Penang, dan Kedah.