Ada Tiga negara tawarkan bantuan desain ibu kota baru Indonesia

id Ibu kota baru, ibu kota negara baru, menteri pupr, basuki hadimuljono, sayembara desain ibu kota baru, luhut binsar pand,berita sumsel, berita palemba

Ada Tiga negara tawarkan bantuan desain ibu kota baru Indonesia

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA/Ade Irma Junida)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sebanyak tiga negara, yakni Amerika Serikat, China dan Jepang, menawarkan bantuan untuk merancang desain ibu kota baru.

Ditemui seusai pertemuan antara para pemenang sayembara ibu kota baru dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat, Basuki mengatakan tawaran itu diberikan dengan tetap mengutamakan desain hasil sayembara.

"Basic design oleh para pemenang sayembara menjadi dasar karena ini Indonesia-nya. Kalau ada yang mau membantu, karena banyak sekali ya, dari Amerika, Jepang, China yang ingin membantu desainnya," katanya.

Basuki mengatakan pertemuannya dengan pemenang sayembara dan Menko Luhut dilakukan karena Luhut ingin mengetahui desain ibu kota yang terpilih dalam sayembara.

"Karena dulu Pak Menko belum ikut rapat pada saat sebelum penetapan, beliau ingin tahu kayak apa itu. Kemudian dijajaki apakah perlu kalau mau diimprovisasi dengan asing, dengan internasional. Tapi bukan sayembara," katanya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Basuki, Luhut menginformasikan ada beberapa konsultan asing yang ditugasi oleh negaranya untuk membantu Indonesia. Keterlibatan konsultan swasta nantinya hanya fokus di desain, namun belum diketahui apakah akan terlibat juga dalam pendanaan.

"Itu mereka ditugasi oleh negaranya. Itu mereka bilateral kerja sama antarnegara," katanya.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan tidak semua konsultan tersebut nantinya akan diterima oleh pemerintah. Pasalnya, pemenang sayembara juga dapat memberikan pertimbangan karena memiliki penilaian dengan konsultan yang berpengalaman.

Ia mengatakan pemerintah Indonesia juga tidak akan memberikan timbal balik ke negara pemberi bantuan itu.

"Kalau itu hibah kan enggak ada (timbal balik)," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian PUPR melalui Tim Juri mengumumkan para pemenang sayembara gagasan desain Ibu Kota baru Negara.

Pemenang terbaik pertama diraih oleh gagasan desain Nagara Rimba Nusa, sedangkan pemenang terbaik kedua yakni desain The Infinite City.

Sedangkan pemenang terbaik ketiga adalah desain Kota Seribu Galur, sementara pemenangan harapan satu dan dua masing-masing diraih oleh desain Zamrud Khatulistiwa serta Banua Nusantara.

Setelah diumumkan, para pemenang akan diajak langsung ke lokasi ibu kota baru untuk survei lapangan. Pemenang pertama, kedua dan ketiga akan dilebur menjadi satu tim yang nantinya akan menghasilkan desain final.