Pola makan sehat jadi resolusi baik di tahun 2020

id makanan sehat,konsultasi makanan sehat, konsultasi makanan sehat

Pola makan sehat jadi resolusi baik di tahun 2020

Lia di tokonya Kurma Palembang di jalan Bungaran (ANTARA/Feny Selly/Ang/19)

Palembang (ANTARA) - Menjelang tahun baru 2020 beraneka macam resolusi positif mulai dibagi siapa saja di media sosial masing-masing, Pola makan yang sehat menjadi salah satu resolusi yang baik dan patut dicoba di tahun 2020.

Pegiat makanan sehat Ldan memilih makanan sehat sebagai  di awal tahun baru ini.

Menurut wanita 39 tahun yang terlihat segar ini banyak orang ragu memulai pola makan sehat dengan bahan makanan yang sehat dikarenakan biaya makanan sehat yang mahal seperti pengganti tepung yang harganya lebih mahal dari tepung biasa, mie yang bebas glutten yang hargaya jauh dibanding mie instan populer yang beredar di pasaran, dan masih banyak lagi.
 
Lia menerima konsultasi makanan sehat di toko miliknya (ANTARA/Feny Selly/Ang/19)

Anggapan tersebut dikatakannya tidak sepenuhnya salah, karena produsen bahan makanan sehat tentunya memerlukan biaya yang lebih besar untuk menghasilkan makanan organik. Namun pola makan sehat dan bahan makanan sehat akan menjadi tabungan yang akan dinikmati pada jangka panjang begitu juga dengan pola makan dan konsumsi makanan yang tidak sehat.

"mengkonsumsi makanan berpewarna, berbahan pengawet dan mengandung pestisida Memang tidak langsung jatuh sakit saat mengkonsumsi makanan tidak sehat, tapi logikanya menabung penyakit yang akan kita rasakan nanti," kata dia.

Penyakit di era kini pun dipandangnya suah sangat serius seperti penyakit degeneratif, kanker, bahkan mempengaruhi kesuburan pada wanita.

Sebagai penjual aneka bahan makanan sehat Lia mengaku sering diajak pelanggannya berkonsultasi makanan yang baik dikonsumsi terkait masalah kesehatan mereka.
 
Lia menerima konsultasi makanan sehat di toko miliknya (ANTARA/Feny Selly/Ang/19)

"Kebanyakan wanita yang bermasalah terkait kesuburan, mereka yang memulai diet, dan sebagian juga yang mengaku memiliki keluhan kesehatan," ungkap dia.

Warga Palembang sendiri dinilainya sudah mulai sangat peduli dengan makanan sehat, ini terlihat dari antusiasme yang masuk melalui pesan langsung media sosial dimana dia menawarkan makanan sehat dan berbagi tips sehat.

Karena kesehatan membatasi tubuh untuk lebih aktif dan menghambat aktivitas kebanyakan orang saat ini sudah mulai menyadari pentingnya memperhatikan pola makan dan memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Lia sendiri mengaku menawarkan aneka makanan dan bahan makanan yang bebas msg, bebas gula, glutten, dan berbahan organik yang sangat ramah pada tubuh. Beberapa bahan makanan yang banyak dicari adalah yang berkaitan dengan pola makan JSR atau Jurus Sehat Rasulullah. Beberapa diantaranya adalah dengan kurma, rimpang, herbal semacam seccang, dan kacang-kacangan, biji bijian seperti chia seed, dan masih banyak lagi.

Untuk memulai tahun baru dengan resolusi sehat menurut Lia ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mulai pola makanan sehat

"Pertama harus janji pada diri sendiri untuk mengurangi gula, karena gula adalah biang segala penyakit," ungkap pemilik toko makanan sehat Kurma Palembang ini.

Wanita dua anak ini menuturkan Mengurangi gula adalah dasar pertama untuk memulai pola makan sehat karena beberapa penyakit termasuk diabetes, masalah kesuburan, penyakit auto imun, bahkan pada penuaan dini dan penyakit non menular lainnya banyak diakibatkan oleh gula.
 
Aneka makanan sehat dan organik yang bebas gula dan glutten (ANTARA/Feny Selly/Ang/19)

Gula sendiri tidak hanya kita dapatkan dari konsumsi gula pasir atau rafinasi tetapi juga banyak didapat dari nasi putih dan tepung-tepungan.

Yang kedua adalah konsen pada konsumsi tepung-tepungan. Ia menjelaskan tepung terutama yang diolah menjadi gorengan bisa jadi mengakibatkan berbagai masalah serius di hari depan bagi tubuh kita.

"Terutama pada perempuan, tepung yang diolah menjadi gorengan bisa mempengaruhi hormon kita," papar karyawan staff mass market salah satu provider ternama ini.

Yang tak ketiga pola makan yang baik juga harus didukung dengan aktivitas fisik yang cukup. Olahraga ringan tetapi teratur juga akan membantu membuat tubuh tidak hanya sehat tapi juga lebih aktif, segar, dan mempertinggi daya tahan tubuh.