KNPI gelar "tetris challenge" meriahkan Hari Pahlawan

id knpi babel lomba tetris callange

KNPI gelar  "tetris challenge" meriahkan Hari Pahlawan

Contoh materi yang harus disusun peserta "tetris challange" yang digelar DPD KNPI Babel. ANTARA/Donatus DP

Pangkalpinang (ANTARA) - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kepulauan Bangka Belitung menggelar "tetris challenge" berupa tantangan menyusun orang, peralatan dan perlengkapan keseharian dan lembaga dalam rangka memeriahkan Hari Pahlawan.

"Susunan orang atau peralatan dan perlengkapan itu difoto dan video menggunakan drone kemudian disebarluaskan atau share di media-media sosial seperti instagram, facebook, twitter, whatsapp," kata Ketua DPD KNPI Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irham di Pangkalpinang, Minggu.

Dipilihnya lomba "tetris challenge" untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan kali ini merupakan salah satu cara KNPI untuk menggali nilai-nilai kepahlawanan dan disajikan secara kekinian sesuai kalangan milenial.

Melalui pola tersebut diharapkan lebih mudah dalam menggugah semangat perjuangan para pahlawan sekaligus membangkitkan semangat generasi muda untuk menjadi pahlawan masa kini.

Dengan mengusung tema Aku Pahlawan Masa Kini, "tetris challenge" dibagi dalam beberapa kategori, yaitu kategori pahlawan kebencanaan, pahlawan lingkungan, pahlawan pendidikan dan pahlawan olahraga.

"Para atlet, siswa dan mahasiswa yang berprestasi tinggi dan membanggakan Indonesia juga merupakan pahlawan masa kini, juga para guru, dosen, para pembina ekstrakurikuler pegiat sastra, pegiat literasi juga adalah pahlawan pendidikan," katanya.

Begitu pula dengan para penjaga hutan, pemadam kebakaran hutan, penanam pohon, petugas kebersihan adalah pahlawan lingkungan.

Apresiasi serupa, berlaku bagi para petugas penanggulangan bencana, taruna siaga bencana, relawan kebencanaan, pelopor perdamaian adalah juga pahlawan kebencanaan.

"Masih banyak pahlawan-pahlawan masa kini di Indonesia yang harus senantiasa bergiat, bersemangat mengisi kemerdekaan ini," katanya.

Irham memberi contoh karya yang bisa diikutkan dalam lomba, misalnya untuk kategori pahlawan kebencanaan, peserta bisa menyusun mobil komunikasi satelit, mobil crane bencana, mobil resque tactical unit, dapur umum lapangan, peralatan vertical resque, peralatan water reque, peralatan evakuasi atau bantuan kebencanaan.

Pada kategori pahlawan lingkungan menyusun mobil patroli polisi kehutanan, motor patroli polisi kehutanan, peralatan kebersihan atau peralatan penanaman pohon.

Adapun kategori pahlawan pendidikan bisa menyusun meja kursi sekolah, sejumlah tropi, tenda pramuka, piagam penghargaan dan papan motivasi.

Sedangkan pada kategori pahlawan olahraga, peserta dituntut mampu menyusun peralatan tenis meja, peralatan taekwondo, peralatan tenis, peralatan sepeda dan lainnya.

"Pada lomba ini kami juga melibatkan anak-anak penghuni Lapas Anak agar mereka juga terpacu untuk berkreasi dan berinovasi," katanya.

Pelibatan anak binaan tersebut juga sebagai upaya KNPI dalam memberikan motivasi belajar, berkarya sekaligus menumbuhkan sikap kepahlawanan.