Susy Susanti ungkap formasi hadapi China di final Piala Suhandinata

id piala suhandinata, susy susanti, kejuaraan dunia junior, lolos ke final

Susy Susanti ungkap formasi hadapi China di final  Piala Suhandinata

Piala Suhandinata, yang diperebutkan dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior Beregu Campuran, yang akan berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 9-14 Oktober 2017. (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Jakarta (ANTARA) - Manajer tim bulutangkis Indonesia Susy Susanti mengapresiasi penampilan tim junior saat melawan Thailand di semifinal World Junior Championships 2019 di Kazan, Rusia, Jumat malam (4/10) dan formasi yang diturunkan pada final hampir sama dengan semifinal.

Saat itu pemain muda Indonesia yang mengejar Piala Suhandinata itu menang dengan skor 3-2 lewat Bobby Setiabudi (tunggal putra), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) dan Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil (ganda campuran).

"Penampilan atlet-atlet muda kita kemarin melawan Thailand cukup baik, khususnya tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran. Pertarungan itu adalah ulangan di final AJC (Asia Junior Championships 2019)," kata Susy dalam keterangan tertulis PP PBSI yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

"Kami bisa belajar dari pengalaman di AJC untuk lebih siap lagi dan lebih fokus dan berani. Hasilnya sesuai prediksi, kami bisa menang dari Thailand meski cukup ketat,"  kata Susy menambahkan.

Meski tiga nomor meraih kemenangan, namun dua nomor lainnya yaitu Putri Kusuma Wardani (tunggal putri) dan Putri Syaikah/Nita Violina Marwah (ganda putri) belum berhasil menyumbang kemenangan.

"Daniel/Indah jadi penentu kemenangan padahal mereka adalah pasangan baru. Sedangkan di tunggal putri dan ganda putri saya melihat ada faktor ketegangan, ini sangat terlihat. Kami memang mengharapkan angka dari tunggal putri dan ganda putri, tapi kami harus mengakui keunggulan lawan," katanya menambahkan.

China akan menjadi lawan Indonesia di babak final beregu campuran , yang merebut tiket final usai menundukkan Jepang dengan skor 3-2.

Menghadapi China, Indonesia masih menurunkan formasi yang sama dengan formasi saat melawan Thailand, kecuali ganda putri yang menduetkan Putri Syaikah dengan Febriana Dwipuji Kusuma.

"Peluang tetap ada, kami akan kerja keras dan berjuang untuk meraih kemenangan. Kami akan mempersiapkan atlet-atlet untuk bisa meraih prestasi tertinggi yang selalu kami harapkan yaitu merebut Piala Suhandinata," tutur Susy.

Pertandingan final beregu campuran World Junior Championships 2019 akan dilangsungkan sore ini, mulai pukul 13.00 waktu setempat (Kazan, Rusia) atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Berikut susunan tim Indonesia vs China:
Ganda Campuran
Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling

Tunggal Putri
Putri Kusuma Wardani vs Zhou Meng

Tunggal Putra
Bobby Setiabudi vs Liu Liang

Ganda Putri
Putri Syaikah/Febriana Dwipuji Kusuma vs Li Yi Jing/Tan Ning

Ganda Putra
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Di Zi Jian/Wang Chang