Fakhri: antipasi 'set piece' PR timnas U-19 usai dikalahkan Iran

id timnas u19,indonesia versus iran,fakhri husaini,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wo

Fakhri: antipasi 'set piece' PR timnas U-19 usai  dikalahkan Iran

Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Fakhri Husaini (kanan) memberikan keterangan usai menghadapi Iran dalam laga uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). Pertandingan itu berakhir dengan skor 2-4 untuk kemenangan Iran. (Michael Siahaan)

Bekasi (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Fakhri Husaini mengatakan, antisipasi situasi bola mati (set piece) menjadi pekerjaan rumah skuatnya usai dikalahkan Iran dengan skor 2-4 dalam laga persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

"Tiga gol Iran dari situasi set piece, hanya satu yang dari permainan terbuka. Ini tentu menjadi catatan," ujar Fakhri usai pertandingan.

Dalam laga tersebut, dari total empat gol, Iran membuat tiga gol dari set piece yakni melalui titik penalti yang dicetak Yasin Salmani (16'), lalu gol Ali Sobhani datang memanfaatkan tendangan sudut (51') dan Aria Barzegar menceploskan bola ke dalam gawang ketika terjadi kemelut yang diawali sepakan bebas.

Pelatih asal Aceh itu pun berjanji akan segera melakukan pembenahan agar timnya lebih mumpuni dalam mengantisipasi set piece lawan.

Hal itu penting karena bukan hanya ketika melawan Iran timnas U-19 Indonesia kebobolan dari situasi bola mati. Saat melawan Malaysia di semifinal Piala AFF U-18 2019, di mana Indonesia kalah 3-4, mereka kemasukan tiga gol juga via set piece.

"Saya bisa saja membuat latihan set piece dua sampai tiga kali sehari hanya untuk set piece. Bertahan dari set piece itu bukan hanya soal taktik dan teknik, tetapi juga mental," kata Fakhri.

Seorang pemain, lanjut pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2018 itu, harus berani mengambil risiko terluka ketika beradu fisik dengan lawan.

"Saya melihat itu yang menjadi masalah kami. Nyali untuk berduel itu kurang. Seperti gol Iran tadi, terlalu mudah membuat gol tanpa ada gangguan. Namun saya yakin para pemain bisa belajar banyak dari hasil ini," tutur Fakhri.

Tim nasional U-19 Indonesia ditekuk Iran dengan skor 2-4 dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Gol-gol Iran dicetak oleh Yasin Salmani (16', penalti), Ali Sobhani (51'), Aria Barzegar (57') dan Mahdi Hasemnezhad (61').

Sementara gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Fajar Fathur Rachman (47') dan Amiruddin Bagus (86').

Pertandingan persahabatan kedua timnas U-19 Indonesia versus Iran akan berlangsung di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada Rabu (11/9).