Palembang maksimalkan Museum SMB II tarik wisatawan mancanegara

id museum,smb 2, museum smb,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata pa

Palembang maksimalkan Museum SMB II  tarik wisatawan mancanegara

Museum SMB II Palembang. (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sebagai salah satu daya tarik mendatangkan wisatawan terutama dari mancanegara.

"Museum SMB II yang berada di tengah kota di antara Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak akan dimaksimalkan lagi untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya ke Bumi Sriwijaya ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani di Palembang, Senin.

Untuk memaksimalkan Museum SMB II sebagai objek wisata andalan, pihaknya telah melakukan perbaikan gedung museum dan penataan lingkungan sekitar agar menjadi tempat yang nyaman bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Dengan melakukan upaya tersebut diharapkan museum tersebut dapat terus terpelihara dengan baik dan koleksi peninggalan zaman Kesultanan Palembang Darussalam itu dapat dinikmati sepanjang masa oleh warga kota ini dan wisatawan, jelasnya.

Dia menerangkan, di dalam Museum SMB II Palembang sekarang ini tersimpan dan terawat sekitar 700 koleksi peninggalan zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Koleksi di museum itu berupa mata uang, prasasti, naskah kuno, kain dan pakaian tradisional, piranti saji, aksesoris kamar pengantin, keris, pedang, serta senjata tajam lainnya.

Selain berupaya menjaga koleksi yang ada selama ini, pihaknya mengajak semua pihak dan masyarakat yang memiliki benda bersejarah dan berharga pada zaman kesultanan itu untuk menitipkan ke museum menambah koleksi yang ada sehingga bisa semakin lengkap dan menarik untuk dikunjungi, tambah Isnaini.