Kampanye Anti-perdagangan orang

id Tindak Pidana Perdagangan Orang,Hari Antiperdagangan orang Sedunia,Kampanye Antiperdagangan Orang,Antiperdagangan Orang

Kampanye Anti-perdagangan orang

Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dari Tindak Pidana Perdagangan Orang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Destri Handayani dan Duta Antikekerasan terhadap Perempuan dan Anak Cinta Laura Kiehl dalam Kampanye Publik Antiperdagangan Orang di Lapangan Suropati, Menteng, Jakarta, Jumat (2/8/2019). (Humas KPPPA)

Jakarta (ANTARA) - Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dari Tindak Pidana Perdagangan Orang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Destri Handayani berharap Kampanye Publik Antiperdagangan Orang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya perdagangan orang.

"Perdagangan orang bisa terjadi di mana saja, baik di pedesaan, maupun di perkotaan. Apalagi saat ini negara kita sedang mengalami bonus demografi yang tinggi," kata Destri dalam rangkaian Hari Antiperdagangan Orang Sedunia di Jakarta, Jumat.

Destri mengatakan perdagangan orang bukan hanya persoalan yang dihadapi Indonesia, melainkan juga negara-negara lain di dunia karena merupakan salah satu bentuk kejahatan transnasional.

Menurut Destri, Indonesia menaruh perhatian yang tinggi terhadap tindak pidana perdagangan orang karena merupakan negara pengirim, transit, dan tujuan pekerja yang rawan diperdagangkan.

"Usia produktif yang tinggi meningkatkan jumlah pencari kerja. Lowongan kerja dengan iming-iming gaji besar juga semakin marak sehingga berpeluang terjadi tindak pidana perdagangan orang," tuturnya.

Aktris yang juga Duta Antikekerasan terhadap Perempuan dan Anak Cinta Laura Kiehl mengatakan penipuan yang mengarah pada perdagangan orang juga terjadi dalam proses perekrutan di dunia hiburan.

"Perdagangan orang di dunia hiburan cukup berbahaya dan menyeramkan. Yang disasar adalah mereka yang ingin terjun ke dunia hiburan tetapi tidak tahu bagaimana caranya," katanya.

Cinta mengatakan beberapa kali terjadi seseorang yang mengaku sebagai produser, sutradara dan pekerja seni lainnya yang menjanjikan seseorang untuk terjun ke dunia hiburan.

Dalam rangka Hari Antiperdagangan Orang Sedunia yang diperingati pada 30 Juli setiap tahun, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengadakan Kampanye Publik Antiperdagangan Orang bekerja sama dengan International Organization for Migration (IOM) yang dibuka pada Jumat di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat hingga Minggu (4/8) pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar