Wacana kenaikan gaji TNI, Menteri Pertahanan sebut rakyat prioritas utama

id Ryamizard Ryacudu,Menteri Pertahanan,kenaikan gaji anggota TNI,menteri keuangan

Wacana kenaikan gaji TNI, Menteri Pertahanan sebut rakyat prioritas utama

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di Jakarta, Selasa, (09/07/2019) (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu berkomentar kalau prioritas kesejahteraan rakyat lebih penting dibandingkan wacana yang berkembang soal kenaikan gaji anggota TNI.

"Kalau kita senang-senang saja (kalau memang naik), tapi ingat TNI itu tentara rakyat, maka lihat dulu rakyatnya, kalau sudah mampu tidak apa tapi kalau susah-susah hidup, biar rakyat dulu," kata Menhan Ryamizard Ryacudu di Jakarta, Selasa.

Indonesia menurut dia jangan sampai seperti India yang memiliki prioritas tinggi terhadap persenjataan militernya, bahkan peralatan perangnya canggih dan lengkap nomor dua setelah China.

Baca juga: Menhan prihatin prajurit TNI terpapar radikalisme

Berbanding terbalik dengan persenjataan, rakyat India tidak segagah kekuatan militernya, masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan.

"Pesawat Sukhoi kita berapa biji saja, dia sudah ratusan. Tetapi apabila datang musim dingin atau panas ekstrem itu puluhan ribu warganya mati, karena miskin tak punya rumah, kita tidak boleh begitu," kata Menhan.

Berkaca dari India tersebut, kata Ryamizard, Indonesia tidak seharusnya melakukan hal yang sama, gagah militernya tetapi rakyatnya jauh dari sejahtera.

"Tentara rakyat tidak boleh melihat rakyatnya begitu, rakyat dululah disejahterakan baru tentara, perang juga tidak ada kok yang besar-besaran paling melawan teroris saja," ujarnya.

Baca juga: Menteri Pertahanan: Tak usah lagi ribut dan dendaman pilpres
Baca juga: Ryamizard Ryacudu: Persiapan dini sistem pertahanan dibutuhkan meski masa damai
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar