Ringkasan Piala Afrika, tim-tim unggulan tercecer di babak 16 besar

id ringkasan piala afrika,timnas mesir,piala afrika,timnas senegal,timnas benin,timnas nigeria,timnas afsel,timnas pantai g,berita sumsel, berita palemba

Ringkasan Piala Afrika, tim-tim unggulan tercecer di babak 16 besar

Bagan babak gugur Piala Afrika 2019 selepas rangkaian pertandingan 16 besar rampung digelar. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah tim unggulan Piala Afrika 2019 termasuk tuan rumah Mesir, tercecer dan gagal melewati babak 16 besar yang rampung digelar pada Selasa dini hari WIB.

Maroko yang sempat menjadi salah satu unggulan juara dan membukukan catatan sapu bersih di Grup D menjadi korban kejutan menyakitkan dari Benin di Stadion Al Salam, Kairo, Sabtu (6/7) dini hari WIB.

Tertinggal lebih dulu akibat gol Moise Adilehou, Maroko menyamakan kedudukan melalui Youssef En-Neysri namun kesempatan memenangkan pertandingan lewat hadiah tendangan penalti pada pengujung masa injury time dibuang begitu saja oleh bintang Hakim Ziyech yang eksekusinya membentur tiang gawang.

Kegagalan tersebut seolah jadi pertanda, sebab dalam adu penalti hanya Oussama Idrissi saja yang sukses melakoni tugasnya sedangkan empat algojo Benin tanpa cela menyarangkan bola ke gawang, demi menorehkan sejarah baru lolos ke perempat final untuk pertama kalinya.

Kegagalan mengeksekusi penalti juga kemudian mewarnai laga antara Senegal kontra Uganda di Stadion Internasional Kairo, Sabtu (6/7) dini hari WIB, yang dilakukan oleh Sadio Mane dan merupakan kali kedua ia gagal mencetak gol dari titik putih sepanjang turnamen.

Kendati demikian, Mane mencetak gol pada menit ke-15 demi membawa Senegal melenggang ke babak perempat final melewati Uganda dengan kemenangan 1-0.

Juara bertahan Kamerun, yang memang tak begitu meyakinkan selama fase grup tampil cukup baik di babak perempat final, namun tak mampu mencegah kekalahan 2-3 dari Nigeria di Stadion Alexandria pada Minggu (7/7) dini hari WIB.

Sempat unggul 2-1, gol kedua Odion Ighalo yang disusul oleh Alex Iwobi menjadikan Kamerun sebagai korban persembahan agar Nigeria lolos ke perempat final.

Tuan rumah Mesir kemudian melakoni pertandingan di hadapan 70 ribu pendukungnya yang memadati tribun Stadion Internasional Kairo pada Minggu (7/7) dini hari WIB, hanya demi mendapati nasib berganti peran sebagai penonton rangkaian lanjutan Piala Afrika 2019 karena kalah 0-1 melawan Afrika Selatan akibat gol menit-menit akhir Thembinkosi Lorch.

Sementara itu, Madagaskar melanjutkan mimpi indah mereka dengan melaju ke perempat final dalam penampilan perdana mereka di Piala Afrika seusai menyingkirkan Republik Demokratik Kongo pada Senin (8/7) dini hari WIB.

Tampil di Stadion Alexandria, Madagaskar hampir memastikan kemenangan lewat waktu normal setelah unggul 2-1, namun gol Cedric Bakambu memaksakan babak tambahan dimainkan dan akhirnya lewat adu penalti Madagaskar sukses melaju berkat kemenangan 4-2.

Aljazair perlahan terus menjelma jadi tim yang paling diunggulkan untuk menjuarai Piala Afrika 2019, setelah melenggang mulus menuju perempat final usai menang telak 3-0 kontra Guinea di Stadion 30 Juni, Kairo, Senin (8/7) dini hari WIB.

Langkah itu disusul oleh Pantai Gading yang berhasil menundukkan Mali 1-0 berkat gol semata wayang Wilfried Zaha di Stadion Suez, Selasa dini hari WIB.

Tunisia kemudian jadi tim terakhir yang melengkapi bagan perempat final Piala Afrika 2019 usai menjungkalkan salah satu favorit lainnya Ghana lewat adu penalti di Stadion Ismailia, Selasa dini hari WIB.

Sempat unggul, Tunisia dipaksa melakoni babak tambahan waktu dan adu penalti akibat gol bunuh diri Rami Bedoui, namun perjudian pelatih Alain Giresse memasukkan kiper pengganti Farouk Ben Mustapha dalam adu penalti berbuah baik.

Kiper gaek itu sukses menghentikan satu dari lima tendangan pemain Ghana, demi memenangkan Tunisia 5-4.

Rangkaian pertandingan akan diliburkan selama sehari sebelum laga-laga perempat final digelar mulai Rabu (10/7) hingga Jumat (12/7) dini hari WIB.

Secara berurutan pertandingan perempat final akan dilangsungkan sebagai berikut, Senegal melawan Benin, Nigeria kontra Afrika Selatan, Pantai Gading menantang Aljazair dan Madagaskar bertemu Tunisia.

Berikut hasil pertandingan babak 16 besar:

Maroko 1 (1) - Benin 1 (4) (Youssef En-Neysri 75'; Moise Adilehou 53')
Baca juga: Benin ukir sejarah dengan lolos perdana ke perempat final

Uganda 0 - Senegal 1 (Sadio Mane 15')
Baca juga: Gol semata wayang Mane antar Senegal ke perempat final

Nigeria 3 - Kamerun 2 (Odion Ighalo 19', 63', Alex Iwobi 66'; Stephane Bahoken 41', Clinton N'Jie 44')
Baca juga: Nigeria singkirkan juara bertahan Kamerun demi capai perempat final

Mesir 0 - Afrika Selatan 1 (Thembinkosi Lorch 85')
Baca juga: Mesir tersingkir gara-gara gol menit akhir Lorch untuk Afsel

Madagaskar 2 (4) - Republik Demokratik Kongo 2 (2) (Ibrahim Amada 9', Favena Ima Andriatsima 77'; Cedric Bakambu 21', Chancel Mbemba 90')
Baca juga: Madagaskar singkirkan Kongo lewat adu penalti menuju perempat final

Aljazair 3 - Guinea 0 (Youcef Belaili 24', Riyad Mahrez 57', Adam Ounas 82')
Baca juga: Aljazair melenggang mulus lewati Guinea ke delapan besar

Pantai Gading 1 - Mali 0 (Wilfried Zaha 76')
Baca juga: Zaha antar Pantai Gading lewati hadangan Mali

Tunisia 1 (5) - Ghana 1 (4) (Rami Bedoui bd-90+1'; Taha Yassine Khenissi 73')
Baca juga: Tunisia singkirkan Ghana lewat adu penalti, lengkapi delapan besar

Jadwal perempat final Piala Afrika 2019 (dalam WIB):

Rabu (10/7) Senegal vs Benin
Kamis (11/7) Nigeria vs Afrika Selatan
Kamis (11/7) Pantai Gading vs Aljazair
Jumat (12/7) Madagaskar vs Tunisia