RSUD Sungai Lilin Muba didorong segera terakreditasi

id Rumah sakit,Rsud,Akreditasi,RSUD sungai lilin,akreditasi rumah sakit

RSUD Sungai Lilin Muba didorong segera terakreditasi

Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. (Ist)

Sekayu (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan didorong segera terakreditasi sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin dr Azmi Dariusmansyah di Sekayu, Kamis, mengatakan, peningkatan status RSUD ini sesuai dengan komitmen dari Pemerintah Kabupaten yang ingin memberikan pelayanan kesehatan terbaik ke masyarakat.

Ia mengatakan setelah mendapatkan izin operasional tipe D, kini RSUD Sungai Lilin akan melengkapi persyaratan untuk mendapatkan akreditasi.

"Kami berupaya menaikkan kelas operasional menjadi RSUD tipe C," kata dia.

Untuk itu, tim survei yang dipimpin Ratna Ismoyowati menilai RSUD Sungai Lilin, Kamis (13/6) untuk memastikan kelayakan mendapatkan status akreditasi.

Menurutnya, upaya pemberian akreditasi ini juga sesuai dengan Surat Edaran Menkes Nomor 34 Tahun 2017 yang mewajibkan setiap rumah sakit itu terakreditasi.

Sebanyak tiga orang surveyor dari tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit Independen Pusat Jakarta telah melakukan penilaian terhadap kondisi terkini Rumah Sakit Sungai Lilin.

Proses akreditasi juga dilakukan guna memenuhi salah satu persyaratan agar rumah sakit bisa bekerja sama dan menerima pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam proses survei itu, pada prinsipnya, Komisi Akreditasi Rumah Sakit Independen Pusat Jakarta mempertanyakan komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap Rumah Sakit.

Selain itu juga menekankan perlunya peningkatan sarana dan prasarana dan SDM dari rumah sakit agar memperoleh status akreditasi tersebut.

Terkait ini, Pemkab sebelumnya sudah menyatakan akan fokus menjadikan Rumah Sakit Bayung Lencir dan Rumah Sakit Sungai Lilin sebagai Rumah Sakit Sentral Khusus Trauma (trauma center).

"Sejauh ini Rumah Sakit Bayung Lencir telah terakreditasi mendapat rumah sakit “bintang dua”. Harapan kami RSUD Sungai Lilin juga," kata dia.