Sumsel juara pertama festival kuliner nusantara

id festival kuliner nusantara,sumsel juara kuliner nusantara,kuliner sumsel,makanan dan minuman,makanan khas daerah,makanan khas sumsel

Sumsel juara pertama festival kuliner nusantara

Dokumen - Kuliner khas Palembang Pempek kreasi warna-warni (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Sumatera Selatan juara pertama kategori penyajian terbaik dalam ajang lomba Kuliner Expo Nusantara serangkaian memeriahkan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

"Alhamdulillah Sumsel tampil juara pertama dalam Festival Kuliner Expo Nusantara tersebut," ujar Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru di Palembang, Senin

Prestasi tersebut sebagai hadiah terindah bagi wanita Sumsel karena pelaksanaannya juga bertepatan di hari peringatan Kartini, tambah dia.

Raihan ini menandakan kemajuan tidak hanya dapat dicapai kaum pria saja, tetapi wanita pun dapat menorehkan kemajuan dan kesuksesan dengan tidak meninggalkan kodratnya.

Festival Kuliner Expo Nusantara itu juga sebagai upaya melestarikan makanan khas daerah, selain mempromosikan budaya daerah Sumsel supaya semakin dikenal masyarakat.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Kebudyaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Aufa Syahrizal Sarkomi mengatakan, pihaknya merasa bangga atas keberhasilan TP PKK Sumsel itu.

Apresiasi juga disampaikan kepada pengelola anjungan Sumsel di TMII Rebeca yang telah memberikan dukungan dan mewakili tim PKK Sumsel saat menerima penyerahan penghargaan.

Sebagaimana dalam gelaran Festival Kuliner Expo Nusantara 2019 tersebut, pada hari pertama, TP PKK Sumsel menampilkan kuliner dengan tema perayaan muda mudi (malam ningkok) dengan penyajian kambangan menampilkan botekan kue-kue tradisional Sumsel, seperti kue 8 jam, lapis legit, engkak ketan, engkak medok, engkak kricut, dadar jiwo.

Selain itu juga srikaya, lapis kojo dan makanan sepinggan celimpungan serta laksan, juga bermacam kerupuk kemplang mini dan kerupuk kemplang besar dengan diameter 50 cm.

Untuk hari kedua, TP PKK Sumsel menyajikan menu kuliner dengan tema munggahan atau hari perayaan resepsi pernikahan, menu pembukanya tekwan, dan sajian inti berupa nasi minyak, malbi, ayam kecap, sate pentol daging, sate ikan, sambal goreng buncis, sambal nanas, dan makanan penutup srikaya.

Sajian menu yang ditampilkan pada Festival Kuliner Nusantara 2019 merupakan hasil kolaborasi antara TP Sumsel dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga (APJI) Sumsel dan Ikatan Ahli Boga (IKA Boga) Sumsel.