Menteri Perhubungan sebut dermaga 16 Ilir akan diperluas

id Menteri Perhubungan sebut dermaga 16 Ilir akan diperluas,PASAR 16 ILIR,menhub,viral,lrt

Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi berdialog dengan sejumlah masyarakat penggiat padat karya pembersih alur sungai di Dermaga Sungai 16 Ilir Palembang. ANTARA FOTO/Feny Selly/UJ/19

 Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tahun ini pihaknya akan memperluas Dermaga Sungai Musi Pasar 16 ilir Palembang.

"Tadi sudah ngobrol-ngobrol dengan mayarakat, jadi ada dua yang dibutuhkan yakni stasiun pengisian bahan bakar dan perluasan dermaga, oleh karenanya tahun ini juga kami upayakan membangun dermaga baru minimal 200 meter atau 300 meter agar betul-betul cukup untuk bersandar kapal," kata Budi Karya usai menyerahkan jaket pelampung kepada penumpang kapal di Dermaga Jembatan Ampera, Selasa (12/2)

Menurutnya perluasan dermaga tersebut untuk mengakomodasi kapal-kapal yang bersandar di bawah Jembatan Ampera dan jumlahnya semakin banyak, sebagian kapal bahkan terpaksa tidak presisi saat bersandar. 

Sedangkan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar kapal dimaksud agar para pemilik jasa angkutan transportasi sungai semakin mudah menjangkaunya dan bisa mendapatkan harga yang lebih sesuai.

Pada kunjungan di Dermaga Jembatan Ampera Menteri Perhubungan juga sempat mengecek kapal-kapal pengangkut orang dan barang yang tengah sandar, kepada para nahkoda serta penumpang pihaknya mengingatkan pentingnya aspek keselamatan.

"Keselamatan bertransportasi itu ada dua, pertama desain alat transportasinya harus aman, sementara kedua sikap keselamatan yaitu pakai jaket pelampung, tidak boleh duduk di dek kapal, kecepatan juga harus diatur. Kami selalu mengedukasi masyarakat mengenai aspek-aspek itu," ujar Budi Karya.

Sebagai realisasi edukasi tersebut Menhub membagikan 500 jaket pelampung kepada nahkoda dan penumpang kapal, pihaknya meminta kepada pemilik kapal agar melengkapi aspek keselamatan lainnya serta mengurangi kecepatan saat perjalanan mengingat Sungai Musi termasuk rawan terjadinya kecelakaan.

Pada kesempatan itu pula Menhub melakukan aksi bersih-bersih dermaga bersama petugas kebersihan dan masyarakat sebagai simbol 'menjaga' dermaga, pasca selesainya modernisasi dermaga Pasar 16 Ilir. 

"Secara bertahap kami terus melengkapi kebutuhan-kebutuhan transportasi air terutama aspek keselamatan, kami juga mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan dermaga, kan kalau dermaganya bersih jadi enak," tambah Budi Karya.
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar