Dishub OKU lakukan rekayasa lalu lintas jelang Idul Adha

id Rekayasa lalulintas, Idul Adha, jalan protokol, Dinas Perhubungan OKU

Dishub OKU lakukan rekayasa lalu lintas jelang Idul Adha

Rekayasa lalulintas dilakukan Dinas Perhubungan OKU di Jalan Akmal Baturaja, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan(Sumsel) menerapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan di jalan protokol perkotaan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Seksi Lalu lintas Dinas Perhubungan OKU, Jauhari di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas dilakukan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan di ruas jalan perkotaan wilayah setempat.

Rekayasa lalu lintas difokuskan di kawasan Pasar Atas yang kerap terjadi kepadatan kendaraan karena banyaknya masyarakat berdatangan untuk membeli kebutuhan Lebaran.

Untuk itu, kata dia, rekayasa lalu lintas dilakukan sesuai dengan kebutuhan yaitu menutup ruas Jalan Akmal Pasar Atas Baturaja yang hanya dibuka untuk kendaraan roda dua saja.

Sedangkan, untuk kendaraan roda empat dari arah Jembatan Ogan 3 sementara waktu dialihkan melalui Jalan Darmo Sugondo menuju Jalan Sutami, Kecamatan Baturaja Timur.

"Rekayasa lalu lintas ini dilakukan sejak Sabtu (15/6) hingga sore ini sekitar pukul 18.00 WIB untuk dibuka kembali," jelasnya.

Untuk kepadatan arus lalu lintas, Jauhari mengakui sejak kemarin sudah mulai terjadi peningkatan volume kendaraan di pusat kota, namun sejauh ini masih didominasi warga lokal.

Untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan Dishub OKU pun menyiagakan personel di beberapa persimpangan jalan protokol yang rawan macet agar arus lalulintas tetap lancar.

"Personel kami juga melakukan patroli untuk membantu pihak kepolisian mengurai kemacetan kendaraan di beberapa ruas jalan di Kota Baturaja," ujarnya.