Asian Games (dayung) - PODSI kembangkan venue dayung di setiap daerah

id dayung,Mochammad Basoeki Hadi Moeljono,venue dayung,arena dayung,Laksama Madya Aan Kurnia,Jakabaring Sports City,asian games

Asian Games (dayung) - PODSI kembangkan venue dayung di setiap daerah

Wakil Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Laksama Madya Aan Kurnia ketika menggelar jumpa pers di Palembang,. (Foto ANTARA News Sumsel.com/Yudi Abdullah/18)

...Melihat salah satu kunci kesuksesan China tersedianya banyak venue dayung untuk latihan dan berlomba, pihaknya berupaya membangun venue dayung seperti di JSC Palembag di setiap daerah...
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia berupaya membangun dan mengembangkan arena atau venue dayung di setiap daerah.

"Venue dayung seperti yang ada di Palembang ini, perlu dibangun di tempat lain untuk mengembangkan olahraga air itu," kata Wakil Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Laksama Madya Aan Kurnia ketika menggelar jumpa pers di Palembang, Senin.

Menurut dia, berdasarkan penjelasan atlet dayung China yang mendominasi perolehan emas, kesuksesan mereka di Asian Games XVIII Palembang didukung faktor venue dayung di Palembang yang sangat baik dan berstandar internasional.

"Venue dayung yang digunakan untuk ajang olahraga ini dinilai atlet dari China, Chinese Taipei, Thailand, Hongkong China, Korea serta sejumlah peserta Asian Games lainnya merupakan yang terbaik dibandingkan dengan venue dayung di sejumlah negara yang pernah mereka kunjungi," ujarnya.

Dia menjelaskan, venue dayung sangat berpengaruh bagi atlet yang berlomba, dari pelaksanaan cabang olahraga dayung yang telah berjalan sejak 19 Agustus dan akan berakhir 1 September 2018, tidak ada keluhan gangguan selama mereka berlomba.

Keberadaan venue dayung JSC Palembang yang dipuji peserta Asian Games menjadi modal awal untuk melakukan pembinaan atlet muda berbakat dan mengembangkan olahraga air tersebut.

China berhasil banyak mendapatkan emas, selain didukung venue di Palembang yang baik, juga didukung tersedianya banyak venue dayung di negaranya sebagai tempat latihan dan berlomba menguji kemampuan.

Melihat salah satu kunci kesuksesan China tersedianya banyak venue dayung untuk latihan dan berlomba, pihaknya berupaya membangun venue dayung seperti di JSC Palembag di setiap daerah.

Pembangunan venue dayung di setiap daerah perlu dilakukan, namun pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap dengan skala prioritas sehingga ke depan bisa diperoleh atlet dayung yang tangguh, kata Aan.
Lomba dayung Asian Games XVIII nomor perahu naga di venue JSC Palembang,. (Foto ANTARA News Sumsel.com/Yudi Abdullah/18)
Sementara sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochammad Basoeki Hadi Moeljono yang juga Ketua Umum PB PODSI mengatakan pihaknya menginginkan venue dayung bertaraf internasional seperti di Palembang ini ada di banyak tempat.

Pengembangan venue dayung perlu dilakukan untuk memfasilitasi perekrutan atlet muda berbakat, tempat latihan dan menggelar perlombaan berskala lokal dan dunia.

Venue dayung yang ada di kompleks olahraga Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, diakui peserta Asian Games XVIII merupakan venue terbaik yang ada di kawasan Asia.

Salah satu daerah yang akan didukung pembangunan ?venue dayung adalah Papua karena akan menjadi tuan rumah PON 2020,, kata Menteri PUPR.