Telkom kerahkan 3.000 ahli di Asian Games

id telkom,direktur telkom, media promotion ceter,mpc,asian games,pt telkom,jakabaring

Telkom kerahkan 3.000 ahli di Asian Games

Direktur Network & IT Solution PT Telkom Zulhelfi Abidin saat berbincang dengan sejumlah editor dan kru ANTARA FOTO di Media Promotion Centre (MPC) Jakabaring Palembang, Jumat (24/8) (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/18)

....Kami memberikan layanan terbaik karena menyadari bahwa saat ini eranya video, semua orangnya mainnya video dan menjadi tren di dunia....
Palembang  (ANTARA News Sumselntara) - PT Telkom Indonesia (Persero) selaku ofisial Asian Games XVIII 2018 di bidang konektifitas mengerahkan 3.000 ahli teknologi imformatika untuk memastikan jaringan internet di setiap venue pertandingan dapat diterima oleh pengguna dengan sangat berkualitas.

Direktur Network & IT Solution PT Telkom Zulhelfi Abidin di Palembang, Kamis, mengatakan, tenaga ahli ini tersebar di 99 venue pertandingan baik di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat untuk memastikan keandalan layanan.

"Demi kepastian jaringan internet ini, kami membagi pekerja kami dalam empat shift sehingga di setiap sesi ada empat orang yang bersiaga. Mulai dari memastikan jaringan lancar di dua jam sebelum pertandingan, di satu jam sebelum pertandingan dan selama pertandingan," kata Zulhelfi.

Ia yang diwawancarai di Main Press Center, Jakabaring Sport City, Palembang, mengatakan sejauh ini sama sekali tidak ada keluhan dari pelanggan berdasarkan testimoni yang didapatkannya saat mengunjungi beberapa venue.

"Saya sudah tanya langsung ke `user` kami yakni INASGOC, dan tidak ada masalah. Termasuk saat mengunjungi venue menembak, boling, voli pantai, dan panjat tebing, yang sekaligus mendapatkan testimoni dari sejumlah wartawan di MPC, Menpora (Imam Nahrawi) yang mengatakan wifi di Wisma Atlet, oke," kata Zulhelfi.

Menurutnya, capaian ini tak lepas dari kesiapan yang dilakukan Telkom untuk menghadapi Asian Games 2018 dengan menyediakan fasilitas TIK atau information & communication technology (ICT) berkualitas meliputi Video, Internet, dan Phone (VIP) di area Media Center, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue (MASIV).?

Secara umum, layanan yang diberikan berupa internet dengan total bandwidth sebesar 222 Gbps untuk Internet, dan 58 Gbps untuk Intranet. TelkomGroup juga akan menyediakan 967 access point WiFi dengan masing-masing backhaul 100 Mbps.

Sebagai upaya menyediakan channel hiburan, Telkom juga menyiapakan layanan IndiHome dengan kecepatan 10 Mbps sebanyak 8.700 unit. Selain itu, untuk menunjang keperluan pengiriman berita oleh para awak media, khususnya layanan broadcast, Telkom menyediakan delapan unit Satellite News Gathering (SNG).

"Kami memberikan layanan terbaik karena menyadari bahwa saat ini eranya video, semua orangnya mainnya video dan menjadi tren di dunia. Untuk ini Telkom sudah sangat siap, salah satu buktinya saat penyelenggaraan Asian Games ini yang sama sekali tidak ada buffering atau jam pasir," kata dia.

Dengan keunggulan ini, PT Telkom berharap dapat disejajarkan dengan perusahaan-perusahaan terbaik dunia pemberi jasa kontektifitas karena saat ini perusahaan telah memiliki kantor perwakilan di 12 negara. Bahkan sudah meluncurkan satelit Telkom 4 dengan wilayah target pemasaran di India dan beberapa negara di Asia. (T.D019)