MUI sarankan penyembelih hewan qurban syar'i

id sembelih,penembelihan hewan qurban,Majelis Ulama Indonesia,berita sumsel,berita palembang,berita antara,MUI Bangka, Syaiful Zohri,penyembelih hewan

Proses penyembelihan hewan kurban (ANTARA News Sumsel/Susilawati)

Sungailiat (ANTARA News Sumsel) - Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyebutkan penyembelihan hewan qurban oleh juru sembelih harus dilakukan secara syar'i.

"Saya menyarankan seluruh penyembelih hewan qurban nantinya dilakukan secara syar'i mulai dari merobohkan sampai penyembelihan," kata Ketua MUI Bangka, Syaiful Zohri di Sungailiat, Kamis.

Dengan cara pemotongan atau menyembelih secara syar'i tentu diharapkan akan mendapatkan daging yang aman, sehat, utuh dan halal.

"Juru potong hewan qurban, saya menyarankan adalah yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat menyembelih hewan," tambahnya.

Setelah dilakukan pemotongan, pembagian daging hewan qurban untuk masyarakat juga harus perhatikan serius jangan sampai menimbulkan persoalan karena saling berebut daging.

"Alat potong hewanpun harus benar-benar dalam kondisi tajam sehingga pada saat menyembelih tidak terjadi berulang kali," ujarnya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat muslim yang mampu, menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli hewan qurban baik sapi maupun kambing.

"Bagi masyarakat muslim yang mampu saya sarankan untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk menambah amalan ibadahnya dengan cara berkorban," katanya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar