PT KAI gabungkan KRD Seminung-Way umpu

id berita palembang,krl kereta,KRD Seminung,gerbong kereta,berita sumsel,KA Way Umpu,tanjungkarang-Kotabumi, Lampung Utara

PT KAI gabungkan KRD Seminung-Way umpu

Kereta api. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Bandarlampung (ANTARA News Sumsel) - PT Kereta Api Persero Divisi Regional IV Tanjungkarang melakukan penggabungan rangkaian KRD Seminung dan KA Way Umpu rute Tanjungkarang-Kotabumi, Lampung Utara untuk menambah kapasitas penumpang yang digunakaan untuk angkutan Lebaran dari 10 Juni sampai dengan masa angkutan Lebaran 2018 selesai.

"Kami mulai penggabungan dua rangkaian kereta api itu, sehingga dari 360 penumpang saat ini menjadi 765 penumpang dalam satu kali angkut," ujar Franoto Wibowo, Manager Humas PT KAI Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, penggabungan rangkaian dua KA itu dilakukan sejak tanggal 10 Juni sampai dengan selesai masa angkutan Lebaran 2018.

Selain itu, penggabungan ini sangat membantu dan mengurangi kepadatan penumpang yang terjadi di Stasiun KA Tanjungkaranng, dikarenakan banyak pemudik yang menggunakan angkutan kereta api sebagai angkutan Lebaran yang dinilai nyaman dan murah.

Ia menambahkan, untuk sekali angkut, KRD Seminung dapat menampung 360 penumpang dan bila sudah digabungkan menjadi 765 penumpang.

"Kita bisa lebih menghemat waktu dan yang paling utama dapat mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Tanjungkarang," katanya pula.

Kondisi arus mudik Lebaran 2018 kali ini, menurut Franoto, pada Minggu (10/6) sejak pagi hingga malam hari peningkatan jumlah penumpang yang diberangkatkan menggunakan KA Rajabasa, KA Sriwijaya Limex, dan gabungan antara KRD Seminung dengan KA Way Umpu mencapai 15-20 persen per hari.

Bahkan tahun ini jumlah pemudjk terbanyak dan bisa diprediksi akan terus meningkat pada hari Selasa dan Rabu (12-13/6) mendatang. "Peningkatan penumpang tahun in lebih banyak 15-20 persen dibandingkan tahun lalu," katanya lagi.Budi Suyanto