Ale Hackaton tantang mahasiswa ciptakan aplikasi bermanfaat

id Ale Hackaton 2018, ale, aplikasi, mahasiswa,unsri,aplikasi,digital

Ale Hackaton tantang mahasiswa ciptakan aplikasi bermanfaat

Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Anis Sagaff (tengah) memberikan plakat pada Ketua Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (Unsri) Agung Sampurna (kanan) disaksikan Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani Pengerapan (kiri) pada peluncuran Alcantel Lucent Enterprice (ALE) Hackaton 2018 di Palembang,Sumsel, Jumat (11/5). ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18

....Melalui kegiatan ini kami ingin melihat ide-ide kreatif anak bangsa, karena di masa depan kita akan banyak bermain dengan penggunaan digital....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Ajang "Alcatel Lucent Enterprise" (ALE) Hackaton 2018  menantang mahasiswa dan developer muda  untuk  menciptakan aplikasi mobile menggunakan platform Rainbow pada ajang Roadshow Indonesia 2018 di Palembang.

"Generasi muda kita sangat familiar dengan gadget dan ini harus dimanfaatkan untuk hal positif, " ungkap Rektor Universitas Sriwijaya Anis Saggaff pada peluncuran ajang tersebut, Jumat.

Dia juga menyambut baik kegiatan sosialisasi ALE Hackathon Indonesia 2018 sebab melalui kegiatan ini dapat mendorong generasi muda menciptakan teknologi berguna bagi manusia.

"Melalui kegiatan ini kami ingin melihat ide-ide kreatif anak bangsa, karena di masa depan kita akan banyak bermain dengan penggunaan digital," kata Coutry Manager ALE Indonesia, Adios Purnama

Ia juga menambahkan ajang ALE Hackaton ini  diadakan di sebelas kota di Indonesia dan Universitas Sriwijaya di Palembang adalah kota kesebelas.

Dalam ajang ini para generasi muda untuk menciptakan aplikasi yang digunakan di berbagai sektor seperti pemerintahan, transportasi, pendidikan, perhotelan dan kesehatan.
Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani Pangarepan (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/i016/18)

"Pengembangan aplikasi bisa menjadi kontributor kecil kami dalam mendukung menggerakkan ekonomi Indonesia,"ungkapnya.

Sementara Ketua Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (IKA UNSRI) Agung Firman Sampurna memaparkan bahwa Indonesia saat ini mengalami transformasi digital demikian pesat dan generasi muda akan menjadi penggerak utama

Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani  Pangarepan mengatakan bahwa dalam ajang ini mahasiswa diajak berinovasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan teknologi.

"Ajang ini jadi starter untuk menciptakan produk aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar dia.

ALE Hackaton 2018 merupakan ajang yang didedikasikan bagi para developer untuk menciptakan aplikasi berdasarkan platform rainbow yang akan menghubungkan manusia, bisnis, perusahaan.

Ajang ini akan dibagi dalam empat tahapan yaitu prekualifikasi, kualifikasi, semi final dan final. 

Pengiriman proposal sudah dibuka mulai 3 Mei 2018 hingga 31 Juni 2018. Semua proposal yang masuk akan menjalani penilaian hingga 30 Juli 2018.  pada semi final akan terpilih 50 konsep proposal yang berhak melaju ke tahap selanjutnya.

Platform Rainbow adalah cloud Hybrid yang memberikan layanan komunikasi dan kolaborasi fungsional tinggi lintas batas dengan penyediaan pesan instan, layanan suara, dan video kualitas tinggi.